visitaaponce.com

Inkoppas Pastikan Stok Barang Mencukupi Periode Nataru

Inkoppas Pastikan Stok Barang Mencukupi Periode Nataru
Ilustrasi(Antara)

INDUK Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) melakukan pemantauan dan pengecekan untuk memastikan ketersediaan barang selama periode jelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru Baru 2023 (Nataru).

"Monitoring komoditas kebutuhan pokok masyarakat ini dilakukan dengan mengetahui laporan dari para pedagang-pedagang terkait ketersediaan di lapak-lapak pasar," terang Ketua Hubungan Antar Lembaga Inkoppas Andrian Lame Muhar dalam keterangan tertulis.

Andrian mengungkapkan harga dan stok barang saat ini masih mencukupi. Meski demikian, para pedagang pasar mengambil sikap hati-hati untuk mengatur arus ketersediaan barang.

"Untuk kebutuhan Nataru barang-barang di pasar kami masih aman, tapi pedagang kami berhati- hati. Kenapa berhati- hati? Karena pedagang kami masih melihat stabilitas stok mereka. Jangan sampai nanti banyak membeli dan dikeluarkan semua," tuturnya.

Para pedagang pasar mengantisipasi kehabiasan stok dengan tidak mengeluarkan semua barang. Sebab jika mereka terlalu banyak mengeluarkan barang pada momen ini, mereka akan kehabisan stok pada bulan berikutnya.

"Justru di bulan berikutnya tidak bisa jualan. Jadi sampai saat ini masih aman tapi harga jadi tinggi, karena kelangkaan barang-barang karena permintaan banyak, sehingga harga jadi tinggi. Tapi sampai saat ini stok aman," sambungnya.

Andrian berharap kondisi suplai juga lancar pada momen seperti ini. Menurutnya, hal yang utama adalah menjaga ketersediaan barang-barang di pasaran. Soal harga yang cenderung naik, menurutnya masih dalam batas kewajaran sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran.

"Ini yang penting saya berharap tidak langka dulu, dan harga-harga lain juga masih normal seperti cabai, bawang merah jika ada kenaikan masih wajar. Yang penting fokusnya barang- barang tersebut tidak langka dulu di pasaran, sehingga nanti jika ada kenaikan karena ada permintaan yang sangat banyak, minimal nanti akan turun kembali secara normal, karena wajar jika kenaikan akan hari raya karena permintaan di pasaran akan meningkat, tapi akan turun kembali jika telah lewat," pungkasnya. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat