visitaaponce.com

Pengertian Inflasi, Ini Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasi

Pengertian Inflasi, Ini Penyebab, Contoh, dan Cara Mengatasi
Ilustrasi inflasi(MI/Seno)

INFLASI merupakan kondisi ketika terjadinya kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Perhitungan inflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), link ke metadata SEKI-IHK. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya.

a. Jenis-jenis Inflasi

1. Inflasi ringan

Inflasi rendah adalah inflasi yang mudah untuk dikendalikan dan belum begitu mengganggu perekonomian suatu negara. Terjadi kenaikan harga barang/jasa secara umum, biasanya di bawah 10% per tahun dan dapat dikendalikan.

2. Inflasi sedang

Inflasi sedang dapat menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat berpenghasilan tetap, tetapi belum membahayakan aktivitas perekonomian negara. Inflasi sedang berada di kisaran kenaikan harga 10%–30% per tahun.

3. Inflasi sangat berat (hyperinflation)

Di tingkat inflasi ini telah mengacaukan perekonomian suatu negara dan sangat sulit untuk dikendalikan meskipun dilakukan kebijakan moneter dan fiskal. Inflasi ini berada di kisaran 100% ke atas per tahun.

b. Penyebab Inflasi

1. Meningkatnya jumlah permintaan

Ketika permintaan meningkat sementara stok barang yang tersedia tak memadai, maka akan terjadi kenaikan harga.

2. Meningkatnya biaya produksi

Biaya produksi yang baik bisa disebabkan karena beberapa hal seperti naiknya harga bahan baku atau naiknya upah pegawai.

3. Peredaran uang

Hal ini dikarenakan ketika jumlah uang di masyarakat meningkat, harga barang akan ikut mengalami kenaikan. Karena kenaikan daya beli masyarakat sedangkan stok barang statis, maka harga barang akan ikut naik.

c. Contoh Inflasi

Berdasarkan laman resmi Kementerian Keuangan, pada tahun 2020 saat pandemi covid-19 dimulai, Indonesia mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 sebesar -2,07%. Hal tersebut dikarenakan oleh peraturan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga menimbulkan lockdown kepada beberapa kota bertujuan memutuskan mata rantai penyebaran covid-19.

d. Cara Mengatasi Inflasi

  • Dengan kebijakan moneter
  • Dengan kebijakan fiskal
  • Dengan kebijakan riil atau non-moneter

(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat