visitaaponce.com

Tahun Ini, Kemenhub Selenggarakan 177 Trayek Angkutan Laut

Tahun Ini, Kemenhub Selenggarakan 177 Trayek Angkutan Laut
Ilustrasi angkutan laut(Antara/Teguh Prihatna)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melaksanakan kegiatan strategis Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Laut Tahun Anggaran 2023 sebanyak 177 trayek di tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menyampaikan, trayek tersebut terdiri dari 39 trayek kapal barang tol laut, 116 trayek kapal perintis, enam trayek kapal khusus angkutan ternak dan 16 trayek kapal rede.

Adapun penyelenggaraan angkutan laut di 2023 ini ditandai dengan adanya pelepasan perdana kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 7 yang melayani trayek T-14 beberapa waktu lalu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Diperlukan dukungan sehingga mobilisasi masyarakat antar pulau, distribusi barang pokok dan penting ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) dapat tetap berjalan," kata Arif dalam keterangannya, Jumat (27/1).

Arif menjelaskan, secara umum setiap jenis angkutan laut memiliki tujuan dalam pelaksanaan yang berbeda. Kapal perintis misalnya, angkutan laut ini amat diandalkan masyarakat di wilayah 3TP mengingat ketiadaan transportasi jenis lain (darat dan udara) yang beroperasi di wilayah tersebut.

Sedangkan, kapal barang tol laut adalah angkutan yang tetap dan terjadwal antar pulau mulai dari pelabuhan pangkal sampai pelabuhan singgah, khususnya di wilayah 3TP yang diharapkan dapat menekan disparitas harga.

"Kapal rede diperuntukkan sebagai feeder atau penghubung menuju pelabuhan yang tidak dapat disinggahi oleh kapal utama dikarenakan fasilitas pelabuhan yang belum lengkap," terang Arif.

Sementara, kapal khusus angkutan ternak ditujukan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pengangkutan ternak serta mendukung program ketahanan pangan khususnya swasembada daging sapi di Indonesia. (OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat