visitaaponce.com

Menteri ESDM Klaim Pasokan Gas untuk Industri Pupuk Aman

Menteri ESDM Klaim Pasokan Gas untuk Industri Pupuk Aman
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR.(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengklaim bahwa pasokan gas sebagai bahan baku produksi industri pupuk dinyatakan aman sepanjang tahun ini.

Salah satu strategi untuk mengamankan pasokan gas ialah dengan membangun sejumlah pabrik baru. Termasuk, pembangunan pabrik milik Pupuk Iskandar Muda di wilayah Aceh.

Baca juga: Dua Pabrik PT PIM Tambah Pasokan Pupuk Nasional

"Kita amankan pasokan gas dan kita sudah siapkan skenarionya, terutama untuk industri pupuk di Sumatra," ujar Arifin di Istana Kepresidenan, Selasa (14/2).

Dengan terjaminnya pasokan gas untuk industri pupuk, dirinya meyakini produksi pangan, terutama beras, juga akan terjaga. Sepanjang 2023, pemerintah mengalokasikan lebih dari 7 juta ton pupuk bersubsidi untuk dimanfaatkan petani di Tanah Air.

"Alokasinya lebih dari 7 juta ton. Insyaallah aman kalau untuk mendukung kebutuhan pupuk pertanian, serta bahan pangan. Pupuknya disibsidi jadi tidak mahal," imbuhnya.

Baca juga: BUMN Dukung Pengembangan KEK Arun Jadi Kawasan Energi Hijau

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Aceh pekan lalu, Presiden Joko Widodo menyoroti dua pabrik pupuk yang berhenti beroperasi, yakni Asean Aceh Fertilizer dan PIM. Adapun dua pabrik tersebut tutup, karena terkendala pasokan gas.

"Saya minta betul-betul komitmen Kementerian BUMN, komitmen Pupuk Indonesia, komitmen di manajemen PIM sendiri, untuk mencari solusi. Mencari jalan keluar untuk urusan gas, karena kuncinya ada di situ," tegas Presiden.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat