visitaaponce.com

PLN Dapat Dukungan Penjaminan Pinjaman Rp7,6 Triliun dari Jepang

PLN Dapat Dukungan Penjaminan Pinjaman Rp7,6 Triliun dari Jepang
Ilustrasi PLN(Mediaindonensia.com)

PT PLN (Persero) memperoleh dukungan penjaminan pinjaman sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7,6 triliun (kurs Rp15.277) dari perusahaan asuransi ekspor dan investasi asal Jepang, Nippon Export and Investment Insurance (NEXI).

Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo menerangkan, melalui kerja sama untuk mendukung program transisi energi Indonesia, PLN mendapatkan dukungan penjaminan pinjaman sebesar US$200 juta untuk tahap awal. “Selain mendapatkan penjaminan pinjaman, akan ada kerja sama teknologi terkait energi bersih. Adaptasi teknologi dari Jepang ini yang dibutuhkan RI dalam transisi energi,” kata Darmawan dalam keterangan yang dikutip Minggu (5/3).

Ia berharap kesepakatan penjaminan ini dapat meningkatkan kepercayaan investor, dan dapat mempererat hubungan ekonomi antara Jepang dan Indonesia.

Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) NEXI Atsuo Kuroda mengatakan, kerja sama yang diumumkan pada, Jumat (3/5) di Tokyo, akan mengkonsolidasikan kerja sama PLN dan NEXI di dalam sektor ketenagalistrikan di Indonesia. Khususnya, kerja sama memfasilitasi pasokan transisi energi, dan mendukung dekarbonisasi di Indonesia. "NEXI akan mendukung upaya dekarbonisasi di sektor ketenagalistrikan Indonesia dengan meningkatkan Kolaborasi antara NEXI dan PLN," ucap Kuroda.

Sebelumnya, Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerja Sama di Bidang Penjaminan dan Asuransi Kredit Ekspor disepakati antara NEXI dan PLN pada 25 April 2022, dan kemudian diamandemen pertama kali pada 15 November 2022. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat