visitaaponce.com

Peningkatan Alokasi KUR Harus Diimbangi Upaya Pemberdayaan UMKM

Peningkatan Alokasi KUR Harus Diimbangi Upaya Pemberdayaan UMKM
Kegiatan pameran UMKM di Jakarta(Antara Foto/Rivan)

Peningkatan alokasi KUR untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus diimbangi dengan upaya peningkatan keterampilan secara konsisten. Dengan begitu, pelaku UMKM mampu memanfaatkan setiap peluang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Berbagai peluang agar sektor UMKM di tanah air tumbuh dengan pesat sudah tersedia, tinggal masyarakat diberdayakan agar memiliki kemampuan untuk memanfaatkan setiap peluang usaha itu," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/3).

Catatan Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan pemerintah mengalokasikan kredit usaha rakyat (KUR) bagi sektor ini senilai Rp450 triliun pada 2023. Dana KUR tahun ini meningkat 20% jika dibandingkan dengan alokasi tahun lalu senilai Rp373 triliun.

Baca juga: Pegiat Ekonomi Kreatif Sambut Pemberian Ruang Partisipasi UMKM di IKN

Menurut Lestari, peningkatan alokasi KUR untuk sektor UMKM itu harus diimbangi dengan peningkatan upaya pemberdayaan masyarakat dan sektor UMKM, agar mampu dan layak mengakses program pembiayaan tersebut.

"Tanpa kemampuan yang memadai dari masyarakat dan sektor UMKM dalam menjalankan usahanya, kemudahan pembiayaan yang tersedia tidak memberi dampak nyata terhadap pertumbuhan UMKM," kata Lestari.

Baca juga: Kemenkop UKM Dorong Usaha Mikro Tingkatkan Tata Kelola dan Manajemen Keuangan

Sehingga, tambah Rerie, menggalakkan kembali pelatihan-pelatihan usaha bagi masyarakat dan peningkatan keterampilan digital para pengusaha UMKM adalah salah satu langkah yang strategis dalam upaya memanfaatkan sejumlah program pembiayaan yang ditawarkan Pemerintah. Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak dunia usaha berkolaborasi dengan masyarakat dan Pemerintah dalam upaya memberi peningkatan keterampilan bagi pengusaha UMKM di tanah air.

Dengan ketersediaan pembiayaan dan kemampuan yang memadai dari masyarakat untuk menjalankan usaha, Rerie berharap, sektor UMKM nasional mampu menjadi salah satu pendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Bila perekonomian nasional mampu tumbuh dan berkembang dengan baik, Rerie yakin cita-cita para pendiri negeri ini untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dapat terwujud.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat