visitaaponce.com

Pengamat Kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen Tegaskan Optimisme Masyarakat akan Pemulihan Ekonomi

Pengamat: Kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen Tegaskan Optimisme Masyarakat akan Pemulihan Ekonomi
Warga berbelanja di salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta.(Antara )

DIREKTUR Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan indeks keyakinan konsumen adalah hasil survei dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) untuk menangkap pandangan konsumen atas kondisi ekonomi. Indeks di atas 100 menunjukkan optimisme konsumen.

"Kenaikan IKK menegaskan optimisme masyarakat atas proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung pasca pandemi," kata Piter saat dihubungi, Senin (12/6).

Dampak berakhirnya pandemi lebih besar dibandingkan dampak kondisi global yang saat ini terancam oleh resesi Eropa.

Baca juga: Keyakinan Konsumen akan Kondisi Ekonomi Meningkat, Lapangan Kerja Bertambah

"Dengan optimisme masyarakat, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2023 saya perkirakan akan lebih tinggi dibandingkan kuartal I-2023, terutama karena adanya Lebaran. Ini kemudian akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi yang saya perkirakan lebih tinggi di kisaran 5,2% s.d 5,4%," kata Piter.

Sebelumnya, Survei Konsumen Bank Indonesia pada Mei 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2023 sebesar 128,3, lebih tinggi dibandingkan dengan 126,1 pada April 2023. (Try/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat