visitaaponce.com

Progres Capai 91, Kereta Cepat Beroperasi Komersial di Oktober 2023

Progres Capai 91%, Kereta Cepat Beroperasi Komersial di Oktober 2023
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan pembangunan Stasiun KCJB Halim sudah mencapai 92%, Rabu (14/6).(MI/INSI NANTIKA JELITA)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi komersial Oktober 2023. Progres pembangunan proyek mencapai 91% per akhir Mei lalu.

Dari Agustus hingga September 2023 merupakan masa pengenalan operasional KCJB ke masyarakat. Pada masa pengenalan tersebut, stasiun yang akan melayani naik turun penumpang jumlahnya masih terbatas

"Jadi di Agustus, September itu masa pengenalan. Iya Oktober nanti (operasi komersial) sudah ada ketentuan pembayaran tarif yang berlaku," kata Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti di Stasiun KCJB Halim, Jakarta, Rabu (14/6).

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Melaju 220 Km per Jam saat Uji Coba

Untuk tata cara dan skema pendaftaran masyarakat menggunakan jasa KCJB dalam masa pengenalan operasional tengah dikaji KCIC bersama Kementerian Perhubungan. Termasuk besaran tarif resmi saat operasi komersial KCJB di Oktober nanti masih belum ditentukan besarannya .

"Selama pengenalan nanti tidak gratis. Apakah berbayar Rp1, Rp17, ini masih dibahas bersama. Termasuk besaran tarif komersial. Nanti kita umumkan," jelas Emir.

Baca juga: Banggar DPR Apresiasi Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Program Menko Marves

Menurut Emir, saat ini, KCIC tengah melakukan tahapan testing dan komisioning KCJB dengan kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT).

Pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim.

Kecepatan kereta

Kecepatan kereta inspeksi secara bertahap dilakukan pengujian dengan kecepatan ditambah dari yang saat ini 180 kilometer (km) per jam, 300 km per jam, 350 km per jam, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Setelah tahapan tersebut dapat dilalui, pada pertengahan Juli 2023, KCIC akan uji coba pengoperasian menggunakan rangkaian kereta penumpang atau electric multiple unit.

Emir menambahkan, untuk progres pembangunan empat stasiun KCJB rata-rata di atas 90%. Di Stasiun KCJB Halim, pembangunannya sudah mencapai 91% progresnya. Adapun progres Stasiun Karawang dan Tegalluar sebesar 93%, dan Stasiun Padalarang baru mencapai 63%.

Total ada 11 gerbong yang didatangkan dari Tiongkok, dengan satu gerbong berjumlah delapan kereta dengan total 601 penumpang. (A-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dwi Tupani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat