visitaaponce.com

Banggar DPR Apresiasi Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Program Menko Marves

Banggar DPR Apresiasi Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Program Menko Marves
Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah(DPR/IST)

KETUA Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menyampaikan apresiasi terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, terkait progres program pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan mencapai trial 300 km/jam pada pertengahan Juni 2023 ini. Progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung itu dinilai oleh Banggar DPR RI telah menggunakan komponen produksi lokal yang menjadi kebanggaan nasional. 

Hal itu disampaikan Said saat memimpin Rapat Kerja Banggar DPR RI dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dengan agenda pembahasan RKA K/L dalam rangka Pembicaraan Pendahuluan RAPBN TA 2024 dan Rencana Kerja K/L Tahun 2024 yang digelar di Ruang Rapat Banggar DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (9/6).  

Baca juga: Waktu Perjalanan Jakarta-Bandung dengan Kereta Cepat diklaim Hanya 30 Menit

“Kita mengapresiasi itu (Kereta Cepat Jakarta-Bandung). Karena memang konsen kami adalah terhadap utamanya ada dua hal. Yang pertama memang kereta cepat karena PNM lewat kami dua kali dan itu menjadi konsen kami. Dan terima kasih sudah ada kemajuan yang luar biasa. Lebih-lebih tadi disampaikan bahwa itu semua adalah komponen lokal sehingga nilai tambahnya luar biasa bagi kita semua dan bulan Juni Insya Allah kita akan menyaksikan peresmian kereta cepat nanti,” ujar Said.

Selain itu, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut mengungkapkan Banggar DPR RI menyetujui anggaran akselerasi pembangunan IKN. “Begitupun terhadap IKN, tahun ini kami anggarkan Rp22 triliun dan kemudian pemerintah meng-accelerate tambah Rp15 triliun lagi untuk tahun ini juga, sehingga totally sudah Rp37 triliun yang Banggar setujui, Pak Menkomarves. Sehingga nanti di Juni 2024 bisa ditempati Presiden RI (Joko Widodo),” tandas Said.

Baca juga: Pemerintah Diingatkan Soal Potensi Jebakan Utang di Proyek KCJB

Sebelumnya, Luhut saat rapat kerja mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melakukan uji coba atau trial 300 km/jam pada pertengahan Juni ini. Pada kesempatan itu, Luhut juga mengajak segenap Pimpinan dan Anggota Banggar DPR untuk turut serta uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu. 

"Mungkin Pak Ketua mau hadir sama-sama saya kita coba dengan 300 KM. Jadi hampir semua selesai kita akan lihat nanti kereta api cepat ini kita siapkan bulan Agustus untuk rakyat sekitar yang tinggal di rel kereta api. Jadi mereka akan kita sampaikan gratis sambil mencoba ini  dan itu akan kita capai 350 km/jam,” jelas Luhut (RO/S-3) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat