visitaaponce.com

Waktu Perjalanan Jakarta-Bandung dengan Kereta Cepat diklaim Hanya 30 Menit

Waktu Perjalanan Jakarta-Bandung dengan Kereta Cepat diklaim Hanya 30 Menit 
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung(Antara)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan, waktu perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tercepat mencapai 30 menit dari Stasiun Halim, Jakarta, menuju Stasiun Padalarang, Bandung dan 46 menit jika menuju Stasiun Tegalluar.

Waktu tempuh selama 30 menit tersebut sama dengan jalur kereta api cepat pertama yang berada di Tiongkok yaitu dari rute Beijing-Tianjin.

“Sama seperti di Tiongkok, perjalanan Jakarta-Bandung dipangkas dari sebelumnya dua jam, menjadi 30 menit," kata General Manager Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry dalam keterangan resminya, Senin (10/4).

Baca juga : Tiket Kereta Cepat Diminta Terintegrasi dengan LRT Jabodebek

Ia menyebut Kereta Cepat Beijing-Tianjin menghubungkan ibu kota negara dengan kota yang memiliki kawasan industri, pelabuhan penting di Tiongkok bagian utara, dan belasan universitas ternama di Tiongkok.

Baca juga : Luhut Lobi Tiongkok Minta Bunga Pinjaman Proyek Kereta Cepat Lebih Rendah

Serupa, KCJB juga menghubungkan dua wilayah penting di Indonesia yakni menyambungkan ibukota DKI Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis dengan Kota Bandung.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada 18 Agustus 2023. Moda transportasi tersebut akan beroperasi sebanyak 68 perjalanan per hari mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB setiap harinya.

Untuk jeda jarak (headway) KCJB pada saat jam sibuk, pagi dan sore menjelang malam, mencapai 20 menit sekali. Sedangkan di luar jam sibuk, KCJB akan beroperasi setiap 35 dan 60 menit sekali.

Rahadian menambahkan, akan ada penggunaan transportasi umum yang terintegrasi dengan KCJB. Dari Stasiun Halim akan langsung terkoneksi dengan layanan LRT Jabodebek melalui Stasiun LRT Halim. Sedangkan, di Stasiun Padalarang akan terkoneksi dengan kereta api pengumpan atau feeder melalui Stasiun Padalarang.

"Nantinya, seluruh stasiun KCJB akan terkoneksi dengan berbagai moda transportasi lainnya yang mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum," pungkasnya.

KCJB memiliki trayek sepanjang 142,3 kilometer dari Jakarta menuju Bandung. Total ada empat stasiun yang disiapkan yakni Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat