visitaaponce.com

PLN Operasikan Lima Pembangkit Energi Terbarukan di Sumatra

PLN Operasikan Lima Pembangkit Energi Terbarukan di Sumatra
Ilustrasi(Antara)

PT PLN (Persero) mengoperasikan dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan tiga pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTMH) dengan total kapasitas 36,6 megawatt (MW) di Pulau Sumatra.

Seremonial operasi komersial atau commercial operation date (COD) kelima pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) tersebut dilakukan di sela acara The 11th Indo EBTKE Connex 2023, Kamis (13/7).

Lima pembangkit tersebut terdiri dari PLTA Krueng Isep Ekspansi 10 MW yang terletak di Aceh, PLTA Batu Gajah Ekspansi 6 MW yang terletak di Sumatra Utara, PLTM Sukarame dengan kapasitas 2 x 3,5 MW yang terletak di Lampung, PLTM Anggoci dengan kapasitas 9 MW dan PLTM Sisira Simandame 4,6 MW yang terletak di Sumatra Utara.

Baca juga : PLN Tambah 16 Pembangkit Hijau untuk Pasok Kelistrikan di Jawa Timur

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menjelaskan, pemerintah terus mendorong pemanfataan keragaman sumber daya energi baru terbarukan (EBT) yang ada di Indonesia.

"Kita punya sumber daya hidro yang di beberapa tempat telah digunakan PLN sebagai based load (beban dasar). Kami yakin hal ini bisa semakin meningkatkan pemanfaatan sumber daya EBT kita ke depannya," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (20/7).

Baca juga : Pertamina Tingkatkan Kapasitas Pembangkit Listrik Bertenaga Surya 267%

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan pihaknya terus membangun pembangkit listrik berbasis energi bersih, salah satunya yang bersumber dari air. Indonesia disebut memiliki potensi sumber energi air yang melimpah.

Perusahaan pelat merah itu telah mengoperasikan 266 PLTA dan PLTMH dengan total kapasitas 18,9 gigawatt (GW). Kemudian, sepanjang tahun lalu, total konsumsi air PLN mencapai 24 juta metrik ton dengan mayoritas digunakan untuk kegiatan operasional baik pembangkitan maupun domestik.

"Ini menjadi kekuatan kita untuk bisa beralih dari sumber energi fosil ke sumber energi bersih. Langkah ini sekaligus untuk memperkuat ketahanan energi nasional," ucap Darmawan.

PLN, ungkapnya, memanfaatkan air untuk menghasilkan listrik bersih dan mampu melistriki jutaan masyarakat di seluruh Indonesia. Pihaknya berupaya meningkatkan kapasitas energi bersih untuk mengejar target net zero emission di 2060. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat