visitaaponce.com

Pabrik Pupuk Kaltim di Papua akan Tambah Pasokan Nasional

 Pabrik Pupuk Kaltim di Papua akan Tambah Pasokan Nasional
Stok Pupuk Terjaga, Petani Bisa Lebih Optimal Tingkatkan Produktivitas Pertanian(MI )

SEKRETARIS Perusahaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) Teguh Ismartono menjelaskan pembangunan pabrik pupuk terbaru di Fakfak, Papua Barat akan menambah pasokan pupuk dalam negeri hingga menjadi 4,5 juta ton pupuk urea.

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi hingga 1,15 juta ton pupuk urea dan 825.000 ton amonia setiap tahunnya. Presiden Joko Widodo bersama Pupuk Kaltim telah resmi melakukan peletakan pertama atau groundbreaking proyek strategis nasional (PSN) pabrik pupuk di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (23/11). Adapun nilai investasi proyek itu mencapai US$1 miliar atau Rp15,4 triliun (kurs Rp15.415).

"Sekarang produksinya Pupuk Kaltim itu 3,34 juta ton dari total produksi pupuk Indonesia. Dengan penambahan 1,15 juta ton, berarti nanti kapasitas produksi 4,5 juta ton. Investasinya sekitar US$1 miliar," jelas Teguh dalam media gathering Pupuk Kaltim di Jakarta, Rabu (29/11).

Baca juga : Pupuk Kaltim Resmikan Pabrik Bahan Baku Peledak Bontang Bulan Depan

Teguh menjelaskan kebutuhan pupuk urea dalam negeri sebesar 6-7 juta ton di 2030. Dengan produksi hingga 4,5 juta ton pupuk urea, Pupuk Kaltim akan mampu menopang 70%-80% kebutuhan pupuk di Indonesia hingga 2030.

Baca juga : Pabrik Pupuk Berdiri di Papua

"Dengan 4,5 juta ton terhadap kebutuhan 2030, kita bisa memenuhi 70-80% kebutuhan dalam negeri," imbuhnya.

Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) itu telah memiliki 13 pabrik, lima di antaranya pabrik urea berkapasitas 3,43 juta ton per tahun.

"Jadi, Pupuk Kaltim kan punya lima pabrik pupuk urea yang kapasitas produksinya besar-besar. Kebutuhan nasional harus dipenuhi dulu," ucapnya.

Teguh menjelaskan pabrik pupuk di Fakfak akan menggeliatkan industri pupuk di kawasan timur Indonesia, yakni di Papua, Maluku dan Maluku Utara. Selama ini, katanya, industri pupuk hanya berada di kawasan barat Indonesia.

"Pabrik ini akan mendukung pemerintah untuk pemerataan dan pengembangan pabrik pupuk Indonesia. Sekarang kan pabrik pupuk baru ada di bagian barat semua. Ada di Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Di wilayah timur belum ada," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat