visitaaponce.com

Jasa Marga Cetak Laba Rp5,97 Triliun di Kuartal III 2023

Jasa Marga Cetak Laba Rp5,97 Triliun di Kuartal III 2023
Jalan tol Japek Selatan yang sedang dibangun PT Jasa Marga(Antara/Raisan Al Farisi)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencetak laba bersih sebesar Rp5,97 triliun pada kuartal III 2023. Jumlah ini meroket 493,3% dibanding periode yang sama di tahun lalu yang sebesar Rp1,01 triliun.

Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus menjelaskan dari laba bersih tersebut, sebesar Rp4,1 trilliun lebih merupakan dampak dari pemenuhan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 22 tentang Kombinasi Bisnis sehubungan konsolidasi kembali PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) melalui akuisisi saham PT Lintas Marga Jawa (LMJ) oleh PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di bulan Juli 2023.

"Sehingga core profit Jasa Marga hingga kuartal III 2023 sebesar Rp1,86 triliun, meningkat sebesar 84,9% dibandingkan dengan tahun lalu," ujar Nixon dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (4/12).

Baca juga : BUMN Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp1,15 Triliun di Semester I 2023

Ia menjelaskan secara umum perseroan membukukan kinerja positif dengan pencapaian pendapatan usaha (revenue) sebesar Rp11 triliun di kuartal III tahun ini, meningkat 7,7% dibandingkan periode yang sama di 2022 dengan Rp10,21 triliun.

Revenue itu berasal dari kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp9,8 triliun yang meningkat 5,1% dari kuartal III 2022, serta kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp1,2 triliun atau naik 34,8% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Realisasi earnings before interest, taxes, depreciation and amortization (EBITDA) Jasa Marga di kuartal III tahun ini juga melonjak 5,7% yaitu mencapai Rp6,8 triliun.

Baca juga : Kuartal I 2022, Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp392,8 Miliar

"Secara umum kami dapat mempertahankan rasio keuangan dengan baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ungkapnya.

Jasa Marga, lanjutnya, tengah fokus pada progres lima proyek jalan tol yang masih dalam tahapan konstruksi. Proyek tersebut ialah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, lalu akses tol ke Pelabuhan Patimban, penyelesaian Tol Yogyakarta–Bawen, ruas jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA), dan Probolinggo–Banyuwangi. (Z-5)

Baca juga : Semester I 2022, Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp734,8 Miliar

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat