visitaaponce.com

BUMN Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp1,15 Triliun di Semester I 2023

BUMN Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp1,15 Triliun di Semester I 2023
Ilustrasi(Instagram Jasa Marga)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp1,15 triliun, meningkat 56,3% jika dibandingkan dengan semester I 2022. Perseroan juga berhasil meraup pendapatan usaha sebesar Rp6,98 triliun di enam bulan pertama tahun ini, atau tumbuh 4,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Jumlah pendapatan usaha itu terdiri dari kinerja pendapatan tol yang mencapai Rp6,13 triliun atau meningkat 1% dari semester I 2022, serta kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp848,92 miliar atau naik 47,2% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Perseroan berhasil mempertahankan kinerja positif sepanjang semester I 2023 yang sejalan dengan peningkatan volume lalu lintas jalan tol operasional milik Jasa Marga Group," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, Kamis (24/8).

Baca juga : Pendapatan Jasa Marga Naik 21,7% Selama Periode Mudik Lebaran

Ia menjelaskan pada periode Januari sampai Juni 2023, realisasi lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,23 juta kendaraan setiap harinya

Jumlah ini meningkat sebesar 6% dibandingkan LHR pada periode yang sama tahun lalu.

Baca juga : Usut Korupsi Tol Japek, Kejagung Periksa Direktur Eksekutif Jasa Marga

Total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 kilometer (km) yang merepresentasikan 49% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. Lisye menambahkan total konsesi jalan tol yang dimiliki perseroan di periode yang sama adalah 1.736 km di seluruh Indonesia.

"Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 KM yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP)," ucapnya.

 

Infografis (Sumber : PT Jasa Marga)

 

Proyek berjalan

Saat ini, perseroan memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Di lini usaha lain, Jasa Marga melalui anak usaha PT Marga Sarana Jabar (MSJ), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan PT Jasamarga Related Business (JMRB), menjalin kerja sama dengan PT Olympic Bangun Persada dalam pengembangan koridor jalan tol dan properti di kawasan One Central Business Disrict (OCBD) Bogor.

Selain itu, PT JMTO dan PT JMRB juga berkolaborasi untuk menyerahkan bantuan sekaligus piloting GetPay, yang merupakan produk pembayaran digital kepada para pelaku usaha mikro kecil (UMK) di Kampoeng UMKM Rest Area Travoy Km 88 B Jalan Tol Cipularang.

"Fitur ini digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempermudah proses pencatatan pendapatan dan pemesanan secara real time sehingga efektif," tutup Lisye. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat