visitaaponce.com

Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan Tol terus Digalakkan

Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan Tol terus Digalakkan
Ilustrasi(MI)

PT Hutama Karya terus menggalakkan kampanye keselamatan berkendara. Melalui program Selamat Sampai Tujuan (Setuju) yang telah diinisiasi sejak 2019, perseroan tidak bosan untuk mengingatkan para pengguna jalan tol untuk selalu berhati-hati.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, mengungkapkan, di tahun ini pihaknya memperluas target sasaran kampanye agar dapat diterima oleh seluruh golongan kendaraan dari mulai supir travel, supir truk, hingga komunitas mobil.

“Keselamatan berkendara di jalan tol adalah tanggung jawab bersama, sehingga edukasi dan sosialisasi harus terus kami lakukan utamanya mengingat karakteristik tol Trans Sumatra yang Panjang dan lurus,” ujar Adjib melalui keterangan tertulis, Selasa (25/6).

Baca juga : Hutama Karya Kembali Beri Diskon 20% di Tiga Ruas JTTS

Kampanye Setuju digencarkan tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan tol, tetapi juga membentuk kebiasaan bagi pengemudi, mengurangi angka kecelakaan, hingga meningkatkan kualitas keselamatan. Kampanye ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai pendekatan, inisiatif, dan media komunikasi seperti Operasi Microsleep dan Operasi Simpatik, Edukasi Safety Riding bahkan hingga menggandeng Rifat Sungkar sebagai key opinion leader (KOL).

Hingga pertengahan 2024, implementasi kampanye Setuju telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Melalui 12 aksi Operasi Microsleep, sekitar 700 pengemudi berhasil di monitor kondisi fisik maupun kendaraan mereka.

Sementara itu, selama hampir 6 bulan ini, Hutama Karya juga telah membagikan sebanyak 730 kudapan dan kopi kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi mengantuk.

Hutama Karya juga melakukan 28 kali Operasi Over Dimension Overload (ODOL) dengan 802 kendaraan yang diperiksa dan ditimbang untuk mengurangi kecelakaan yang diakibatkan kendaraan dengan muatan maupun dimensi berlebih.

“Melalui berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan, kami mencatat peningkatan signifikan dalam kesadaran keselamatan berkendara. Itu tercermin dari penurunan kecelakaan sekitar 30% secara tahunan di seluruh Jalan Tol Hutama Karya. Kami juga berharap pesan keselamatan dapat diterima oleh pengguna jalan tol dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat