visitaaponce.com

Pendapatan Jasa Marga Naik 21,7 Selama Periode Mudik Lebaran

Pendapatan Jasa Marga Naik 21,7% Selama Periode Mudik Lebaran
Kepadatan kendaraan di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat pada musim mudik lebaran.(MI/Ramdani)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan selama periode mudik Lebaran dari 14 April-1 Mei 2023 atau H-8 hingga H+8 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, terjadi peningkatan pendapatan tol sebesar 21,7% dibandingkan dengan pendapatan tol pada periode normal di 2022.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan faktor yang mendorong peningkatan pendapatan tol tersebut ialah jumlah volume lalu lintas yang mencapai 1,9 juta kendaraan pada periode arus mudik pada 14-23 April, dan periode arus balik dari 22 April-1 Mei 2023.

"Angka ini akumulasi lalu lintas dari empat gerbang tol (GT) utama di Jabodetabek yang dilintasi lalu lintas mudik dan balik Lebaran 2023 yaitu GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa," kata Lisye dalam keterangannya, Jumat (12/5).

Sementara itu, jika dibandingkan pada periode dan empat gerbang tol yang sama di 2019 atau sebelum adanya pandemi covid-19, jumlah volume lalu lintas di arus mudik meningkat sebesar 7,01% dan untuk arus balik meningkat sebesar 12,8%.

Dalam mengupayakan pelayanan optimal di tengah bangkitan volume lalu lintas yang kembali pulih, Jasa Marga melakukan berbagai upaya peningkatan operasional pada arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444H. Di antaranya dengan kesiapan infrastruktur penambahan satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk kedua arahnya. Serta, sejumlah penanganan operasional di rest area yang telah direncanakan dengan baik dan efektif.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan menjelaskan, PT Jasamarga Related Business (JMRB) mencatat peningkatan volume kendaraan pada 11 rest area utama di Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang. Pada arus mudik, terjadi peningkatan volume total harian rata-rata kendaraan, dari 61.236 kendaraan menjadi 78.730 kendaraan atau terjadi peningkatan sebesar 29% dibanding kondisi normal.

"Sedangkan, pada arus balik, volume total harian rata-rata kendaraan dari 61.234 kendaraan naik menjadi 97.682 kendaraan. Melonjak 60% dibanding kondisi normal," sebutnya.

Pada arus mudik, peningkatan lalu lintas tertinggi terjadi di Rest Area Km 39A dan Km 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area Km 72A dan Km 88A Jalan Tol Cipularang dan Rest Area Km 207A Jalan Tol Palikanci.

Sementara itu pada arus balik, terpantau Rest Area Km 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Rest Area 97B dan 88B Jalan Tol Cipularang yang memiliki peningkatan lalu lintas tertinggi. (Ins/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat