visitaaponce.com

Tetap Peduli Lingkungan, Bisnis Delta Dunia Group Tunjukkan Pertumbuhan Solid

Tetap Peduli Lingkungan, Bisnis Delta Dunia Group Tunjukkan Pertumbuhan Solid
PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group) menggelar Paparan Publik di Jakarta, Rabu (13/12).(Ist)

PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group), perusahaan induk dari PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia), PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU), dan PT Bukit Teknologi Digital (B-TECH), menggelar Paparan Publik di Jakarta, Rabu (13/12).

Dalam paparannya, pihak manajemen DOID (Delta Dunia Makmur) menunjukkan komitmen kuat perusahaan terhadap pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di sepanjang Januari hingga September 2023.

Kinerja finansial perusahaan yang solid serta dedikasi terhadap aspek sosial dan lingkungan, telah menopang fundamental perusahaan.

Baca juga: Kinerja 9 Bulan 2023 Positif, Delta Dunia Group Lanjutkan Diversifikasi Pendapatan

Pertumbuhan pendapatan selama periode Januari hingga September 2023 menjadi catatan penting kinerja perusahaan, yang meliputi: pencapaian rekor pendapatan kuartalan sebesar USD 506 juta selama Q3 2023.

Pendapatan tersebut berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan yang substansial menjadi USD 1,36 miliar atau meningkat 19% dalam sembilan bulan secara year-on-year (YoY).

Peningkatan Laba Bersih

Hingga September 2023, Delta Dunia Group juga telah membukukan peningkatan laba bersih menjadi USD 22 juta atau sebesar 5% YoY.

Ronald Sutardja, Direktur Utama Delta Dunia Group, menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut.

“Kami bangga dapat menjadi perusahaan jasa pertambangan yang dipercaya oleh perusahaan-perusahaan tambang dunia yang terkemuka di Indonesia dan Australia," jelas Ronald.

Baca juga: Delta Dunia Group Catatkan Hasil Signifikan di Semester Pertama 2023

"Rekam jejak yang baik membuat kami memiliki hubungan jangka panjang bersama para mitra-mitra kami," ucapnya.

"Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari konsistensi performa produksi kami, serta profesionalisme para karyawan dan manajemen, sehingga kami berhasil meraih kepercayaan dari para pelanggan dan mitra bisnis kami,” papar Ronald.

EBITDA perusahaan tercatat meningkat menjadi USD 302 juta atau naik 11% YoY. Selama Q3 2023, Delta Dunia Group mencapai rekor EBITDA kuartalan sebesar USD 127 juta, mencerminkan peningkatan margin EBITDA yang konsisten sejak Q1 2023.

Akibatnya, arus kas operasional turut meningkat menjadi USD 227 juta, terutama karena EBITDA yang lebih tinggi, manajemen modal kerja yang lebih baik, dan pengembalian pajak yang meningkat. 

Hal tersebut membuat arus kas bebas yang positif sebesar USD 159 juta dan tingkat kas yang lebih tinggi sebesar USD 230 juta.

Rasio utang bersih terhadap EBITDA juga tercatat tetap sehat dan berada dalam tren menurun di 1,82x, terendah dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: 2022 Jadi Tahun Terbaik Kinerja PT. Delta Dunia Makmur Tbk

Delta Dunia Group telah menyelesaikan siklus belanja modal dan terus melakukan develeraging untuk menjaga tren rasio tersebut tetap sehat.

Selain itu, BUMA dan BUMA Australia menunjukkan kinerja operasional yang kuat, dengan peningkatan volume overburden (OB) sebesar 12% YoY menjadi 462 juta bank cubic meter (bcm) dan produksi batu bara sebesar 64 juta ton.

Dian Andyasuri, Direktur Delta Dunia Group, mengatakan,“Di Delta Dunia Group, kami percaya bahwa kesuksesan jangka panjang hanya dapat dicapai melalui pendekatan yang mempertimbangkan lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik."

"Oleh karena itu, kami telah mengembangkan kerangka ESG ini dengan tiga pilar utama. Untuk lingkungan, kami bertekad mengurangi jejak karbon kami dan menuju net zero carbon di tahun 2050," jelas Dian.

"Kami mengimplementasikan teknologi operasi yang lebih efisien, serta mendiversifikasikan ke bisnis rendah karbon, dengan target pendapatan dari batu bara termal menjadi kurang dari 50% di tahun 2028," ucap Dian. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat