visitaaponce.com

Kolaborasi Kemenparekraf, Garuda Indonesia, dan Pokemon Company Buka Peluang Ekonomi Global di Tanah Air

Kolaborasi Kemenparekraf, Garuda Indonesia, dan Pokemon Company Buka Peluang Ekonomi Global di Tanah Air
Kemenparekraf, Garuda Indonesia, dan Pokemon Company berkolaborasi baw aindustri kreatif ke kancah global(MI/Joan Imanuella)

INOVASI dan kreativitas di bidang intellectual property (IP) atau kekayaan intelektual (KI) kembali menjadi fokus, kali ini melalui kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Garuda Indonesia, dan Pokemon Company. Kolaborasi ini bukan hanya menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas, tetapi juga memberikan contoh bagus bagi perkembangan KI lokal dan membuka peluang global.

"Tentu saja kami juga berharap acara ini bisa menyalurkan dan memberikan contoh yang baik buat perkembangan IP lokal sehingga pemilik IP lokal bisa belajar bagaimana mendongkrak dan memberikan nilai tambah kepada IP kita, dan mudah-mudahan ke depan IP lokal bisa mendunia,” ungkap Staf ahli bidang inovasi dan kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Restog Krisna Kusuma, memimpin upaya mengajak para penggiat KI lokal untuk meningkatkan nilai karya mereka.

Kolaborasi dengan perusahaan Jepang Pokemon Company untuk merancang livery pesawat Garuda Indonesia menjadi langkah strategis dalam memperkuat citra KI Indonesia di dunia internasional. Restog berharap bahwa suksesnya karakter Pokemon dapat menjadi inspirasi bagi penggiat KI Indonesia untuk lebih dikenal secara global.

Baca juga: Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis dan Manfaat

Tidak hanya berfokus pada aspek kreatif, Kemenparekraf juga melihat potensi kolaborasi ini dalam pengembangan sistem pariwisata, ekonomi kreatif, e-sport, serta membuka peluang lapangan kerja di Indonesia. Dukungan Kemenparekraf terhadap kerjasama kedua negara ini dipandang sebagai dorongan positif untuk mencapai target kunjungan wisatawan domestik yang ditetapkan pada angka 1,2 miliar perjalanan pada tahun 2023.

Meskipun data per November-Desember baru mencapai 750 juta perjalanan, Restog tetap optimis terkait pergerakan yang masif dari wisatawan semenjak pandemi.

“Saat ini per Desember sudah mencapai 750 juta perjalanan, itu sampai November, paling tidak sudah sangat masif pergerakan sejak era pandemi yang mulai bergerak sehingga dengan pergerakan wisatawan ini tentu saja diharapkan pertumbuhan ekonomi juga semakin meningkat,” katanya.

Baca juga: Maudy Ayunda Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

Sementara itu, festival Pokemon Air Adventures yang digagas perusahaan game dan animasi Jepang bersama Garuda Indonesia menjadi sorotan utama. Festival ini diharapkan membuka lebih banyak lagi jalur perjalanan ke Indonesia, dengan kehadiran di empat destinasi wisata terkenal, yaitu Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Acara ini akan menampilkan berbagai atraksi menarik seperti Pikachu Splash Day, Parade Pikachu, serta berfoto bersama maskot Pikachu yang mengenakan batik.

Restog optimis bahwa festival ini akan menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, mengingat kesuksesan yang telah dicapai festival serupa di negara asal Pokemon, seperti Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat