visitaaponce.com

PTBA Jaga Kinerja di 2024, Mulai Dari Hilirisasi hingga Manajemen Karbon

PTBA Jaga Kinerja di 2024, Mulai Dari Hilirisasi hingga Manajemen Karbon
Pemeriksaan kualitas air di kawasan operasi Bukit Asam(Dok.Istimewa)

 

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mineral Industry Indonesia memacu hilirisasi di sektor pertambangan lewat berbagai terobosan, salah satunya dengan menghilirisasi batu bara agar memberi nilai tambah.

"Grup MIND ID mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan hilirisasi di sektor pertambangan di Indonesia, karena memberi nilai lebih untuk Indonesia," ucap Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Baca juga : HUT Ke-43, PTBA Dituntut Kontribusi Berlipat

Grup MIND ID meliputi PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), dan PT Freeport Indonesia (PTFI). "Di PTBA, hilirisasi batu bara ditingkatkan, sekaligus dalam upaya menjaga ketahanan energi nasional," terang Heri.

PTBA saat ini telah bekerja sama dengan stakeholders lainnya dalam meningkatkan nilai tambah batu bara. Di antaranya, melakukan kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan berbagai perguruan tinggi untuk mendorong meningkatkan nilai tambah batu bara.

"PTBA menyediakan lahan untuk pembangunan industri hilirisasi yang bekerja sama dengan mitra potensial. Anggota Grup MIND ID ini juga mengalokasikan cadangan batu bara khusus untuk proyek hilirisasi sehingga kebutuhan batu bara untuk industri hilirisasi terjamin," katanya.

Baca juga : Pengumuman Pelelangan PT Bukit Asam Tbk

Ia menambahkan, di tengah arus transisi energi global, grup MIND ID PTBA mengambil langkah progresif dalam menjawab tantangan ekonomi berkelanjutan dan ramah lingkungan. Transisi energi menuju sumber daya terbarukan menjadi landasan bagi PTBA sebagai perusahaan energi kelas dunia.

Kolaborasi dengan pihak terkait, seperti dengan PT Angkasa Pura II dan Jasa Marga Group, telah membuahkan hasil nyata melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara Soekarno-Hatta dan jalan tol Bali-Mandara.

"PTBA juga sedang menjajaki peluang dalam pengembangan EBT berbasis hidrogen, mengukuhkan posisinya dalam rantai pasokan energi masa depan," kata dia.

Dalam menghadapi tantangan dekarbonisasi, PTBA mengambil langkah-langkah proaktif dengan menerapkan praktik-praktik pertambangan yang ramah lingkungan. Mulai dari penggunaan alat-alat listrik hingga sistem pelaporan produksi real-time. Perusahaan ini tidak hanya berkomitmen pada pengurangan emisi karbon, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

"Transformasi energi dan lingkungan yang diusung Grup MIND ID, PTBA, bukan hanya sekadar proyek bisnis, tetapi juga cerminan dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Dengan terus berinovasi dan berkolaborasi, PTBA memimpin jalan menuju masa depan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan inklusif bagi semua," kata dia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat