visitaaponce.com

Inflasi Melambat di Prancis, Meningkat di Italia

Inflasi Melambat di Prancis, Meningkat di Italia
Troli di rak hipermarket Casino Hyperfrais, Villefranche-sur-Saone, Prancis tengah, pada 28 April 2023.(AFP/JEFF PACHOUD)

INFLASI di Prancis semakin menurun pada Maret. Sementara itu, inflasi meningkat tetapi tetap rendah di Italia. Data resmi yang menunjukkan itu pada Jumat (29/3) memicu harapan penurunan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Inflasi Prancis turun menjadi 2,3% atau turun dari 3,0% pada Februari. Ini menurut angka sementara dari lembaga statistik INSEE.

Inflasi harga pangan melambat tajam pada bulan lalu menjadi 1,7% dibandingkan 3,6% pada Februari. Harga tembakau meningkat sebesar 10,7% atau turun dari 18,7% pada bulan sebelumnya.

Baca juga : Inflasi Zona Euro Terus Turun pada Februari

Kenaikan harga konsumen melambat secara bulanan menjadi 0,2% pada Maret di negara dengan perekonomian terbesar kedua di zona euro setelah kenaikan 0,9% pada Februari. "Perlambatan ini disebabkan oleh sedikit penurunan harga energi, khususnya gas dan produk minyak bumi," kata INSEE dalam suatu pernyataan.

Di Italia, negara dengan perekonomian terbesar ketiga di zona euro, inflasi mencapai 1,3% pada bulan lalu. Ini naik dari 0,8% pada Februari, menurut badan Istat negara tersebut.

Angka tersebut lebih rendah dari perkiraan 1,5% dalam survei analis Bloomberg. Ini masih jauh di bawah target dua persen Bank Sentral Eropa untuk zona euro.

Investor mencermati data inflasi di negara-negara zona euro dengan harapan bahwa ECB akan mulai menurunkan suku bunga secepatnya pada Juni. Inflasi zona euro telah melambat, mencapai 2,6% pada Februari.

Data pada Rabu menunjukkan bahwa inflasi di Spanyol, anggota zona euro, meningkat pada Maret menjadi 3,2%. Ini naik dari 2,8% pada Februari. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat