visitaaponce.com

Mendag UMKM Berperan Vital dalam Perekonomian Indonesia

Mendag : UMKM Berperan Vital dalam Perekonomian Indonesia
Mendag Zulkifli Hasan menyatakan UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi sebesar 61% terhadap PDB(MI/Usman Iskandar)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Sebab, UMKM sendiri telah menyumbang sebesar 61% dari pendapatan domestik bruto (PDB) nasional.

"UMKM itu fondasi pendukung utama ekonomi Indonesia. Jadi UMKM itu 61 persen PDB kita itu dari UMKM, hampir 90 persen tenaga kerja itu sektornya UMKM," kata Zulkifli di Jakarta, Selasa (28/5).

Namun, walaupun telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap PDB nasional, Zulkifli menyebut terkadang UMKM masih mendapatkan kesulitan untuk mendapat dukungan.

Baca juga : Mendag Luncurkan Pameran TEI 2023, Bidik Transaksi Lebih dari US$15,8 Miliar

"Perlu kita sadari dimanapun di seluruh dunia, tidak akan menjadi negara maju negara itu kalau UMKM nya tidak maju. Itu kuncinya. Mau di barat, mau di timur, mau di Tiongkok, mau di Jepang, mau di Amerika, mau di Eropa, kata kuncinya adalah UMKM, tidak bisa konglomerasi. Jadi kalau negara itu akan maju, dia perlu partisipasi luas," jelasnya.

Zulkifli menerangkan bahwa partisipasi luas dari pelaku usaha atau ekonomi yang mana didalamnya terdapat UMKM, hal tersebut menjadi pendorong kemajuan perekonomian negara-negara seperti Tiongkok maupun Jepang.

"Kalau UMKM yang berkembang, maka dia bisa merajai produk-produk dalam negeri, dikuasai oleh produksi-produksi dalam negeri, maka kalau dalam negeri bisa dikuasai, dia bisa menguasai produk-produk yang ada di negara manapun di seantero belahan dunia, itu kata kuncinya. Jadi kalau kita tidak bisa mampu mengembangkan UMKM, maka konsumsi dalam negeri kita nanti akan diserbu oleh barang-barang impor," ungkap Zulkifli.

Apabila barang-barang impor menguasai pasar dalam negeri, sambung dia, maka Indonesia tidak akan bisa menjadi negara maju.

"Karena salah satu kunci untuk negara maju itu Indonesia harus menguasai pasar dunia. Kita bisa menguasai pasar dunia kalau kita punya produktivitas, produktivitas akan dihasilkan kalau UMKM nya berkembang, punya produk-produk yang bagus, punya kualitas produk yang bagus," sebut dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat