visitaaponce.com

Mendag Luncurkan Pameran TEI 2023, Bidik Transaksi Lebih dari US15,8 Miliar

Mendag Luncurkan Pameran TEI 2023, Bidik Transaksi Lebih dari US$15,8 Miliar
Mendag Zulkifli Hasan saat meluncurkan Trade Expo Indonesia ke-38 di Jakarta, Senin (10/7).(Dok Kemendag)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan resmi meluncurkan pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023. Pameran tersebut ditarget bisa meraup transaksi sedikitnya US$15,8 miliar atau Rp240 triliun, melampau tahun lalu.

"Kata kuncinya memang kerja sama dan kolaborasi. Tahun lalu kita berhasil hampir US$ 15,8 miliar, jadi ditahun ini harus lebih bagus lagi. (Targetnya) harus diatas itu," kata Mendag dalam acara peluncuran Trade Expo Indonesia ke-38 di kantor Kementerian Perdagangan, Senin (10/7).

Ia menegaskan, kerja sama dan kolaborasi harus terus dijunjung tinggi dalam TEI ke-38 ini. Hal itu dilakukan guna mencapai target yang lebih besar.

Baca juga : Tutup AOE 2022, Mendag Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM ke Pasar Internasional

Di sisi lain, Mendag juga mengungkapkan bahwa adanya penurunan ekspor Indonesia yang disebabkan oleh perdagangan dengan negara-negara pasar tradisional tengah melambat. Oleh karena itu, lanjut Mendag, pihaknya akan terus menjajaki kerja sama dagang dengan negara-negara non tradisional seperti India, Pakistan, Bangladesh, Afrika, dan Mesir.

"Ini kan pasar tradisional kita melambat, kita cari terobosan baru nontradisional kita sudah dua kali India, Pakistan, Bangladesh, Afrika ke Mesir, itu juga potensi pasar yang besar. Jadi, yang lama ini juga, yang baru kita coba," ujarnya.

Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Perdagangan. TEI 2023 akan dilaksanakan secara offline pada 18-22 Oktober 2023 yang bertempat di ICE, BSD Tangerang dan dilaksanakan secara online pada 18 Oktober-18 Desember 2023.

Baca juga : Lepas Ekspor Senilai Rp35,03 Triliun, Mendag: Ekonomi Nasional Mulai Pulih

TEI 2023 mengusung tema "Sustainable Trade for Global Economic Resilience". Targetnya tahun ini TEI 2023 diharapkan dapat diikuti sekitar 1.200 pelaku usaha yang dihadiri oleh 8.300 buyer dan dikunjungi visitor 25.000 secara offline serta 33.000 secara online.

Dalam ajang tersebut akan memamerkan sejumlah produk unggulan dari berbagai sektor di Indonesia seperti manufaktur, fesyen, aksesoris, perawatan kesehatan, kecantikan, peralatan kesehatan, dekorasi rumah, furniture, produk jasa digital, serta makanan dan minuman. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat