visitaaponce.com

Harga Cabai di Berbagai Daerah Meroket Jelang Idul Adha

Harga Cabai di Berbagai Daerah Meroket Jelang Idul Adha
MENTERI Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, di Lampung Selatan.(Dok. MGN)

MENTERI Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan harga cabai di beberapa provinsi di Indonesia mengalami kenaikan jelang Idul Adha.

Dilansir melalui panel harga Badan Pangan Nasional, harga cabai merah keriting per kilogram hari ini mengalami kenaikan Rp5,62 persen yakni dari Rp54.250 menjadi Rp57.480. Provinsi Sulawesi Tenggara menyumbang kenaikan tertinggi, dimana harga cabai merah keriting hari ini dipatok Rp90.000 per kilogram.

Zulhas sapaan akrabnya mengeklaim pihaknya sudah menyisir beberapa provinsi jelang Idul Adha 2024 ini seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Bengkulu, dan Lampung.

Baca juga : Satgas Pangan Cek Ketersediaan Cabai-Telur Jelang Idul Adha

"Harga-harga stabil, ayam agak lebih murah. Telur, beras, dan cabe agak naik sedikit ada yang Rp50.000 dan Rp60.000 kalau Jawa sampai Rp 40.000 kalau luar Jawa dia sampai Rp60.000," ungkap Zulhas pasca kunjungan ke Pasar Natar Relokasi, Lampung Selatan, Minggu, 16 Juni 2024.

Ia mengeklaim selama pantauannya, Provinsi Bengkulu tergolong tinggi untuk harga cabai. Hal itu dikarenakan cabai di Bengkulu berasa dari luar daerah.

"Karena cabainya datang dari luar Bengkulu itu harganya sampai Rp70.000," terangnya.

Baca juga : Satgas Pangan Polri Awasi Ketersediaan Bahan Pokok dan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

Namun, ia memastikan bahan pokok di pasar-pasar masih tergolong stabil harganya dan pasokan stok aman.

"Masyarakat nggak usah khawatir sembako mulai beras, daging, ayam, bawang, cabai, minyak aman dan stabil," tuturnya.

Perlu diketahui kunjungan kerja Mendag, Zulkifli Hasan ke Pasar Natar Relokasi, Lampung Selatan pada Minggu, 16 Juni, 2024 guna memastikan harga stabil dan stok berlimpah. Dalam kunjungannya Zulhas membagikan beras SPHP Bulog kuantitas 5 kilogram kepada masyarakat dengan total 400 sak atau 2 ton.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat