visitaaponce.com

Harga Bawang dan cabai Merah Alami Kenaikan

Harga Bawang dan cabai Merah Alami Kenaikan
Harga bawang merah di Kuningan naik mencapai Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah seharga Rp40 ribu per kilogram.(MI/Widjajadi)

HARGA bawang merah dan cabai merah mengalami kenaikan yang cukup tinggi menjelang Hari Raya Idul Adha.

Harga cabai merah di Pasar Kepuh, Kecamatan/Kabupaten Kuningan saat ini sudah mencapai Rp50 ribu per kilogram. Harga ini mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram. 

"Harga cabai merah ini sudah naik sejak dua pekan lalu," tutur Arisman, petugas pemantau harga dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, Jumat (14/6).

Baca juga : Petani Lokal Mulai Panen Harga Bawang Merah di Aceh Turun

Dua pekan lalu, lanjut Arisman, harga cabai merah ada diangka Rp30 ribu lalu naik menjadi Rp40 ribu dan kini naik lagi menjadi Rp50 ribu per kilogram. 

Selain cabai merah, cabai jenis lainnya juga mengalami kenaikan harga. Cabai hijau kini dijual Rp30 ribu per kilogram naik dari sebelumnyaa Rp25 ribu per kilogram, cabai rawit Rp40 ribu per kilogram naik dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram, dan rawit merah Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp35 ribu per kilogram.

Selain cabai merah harga bawang merah pun kini turut mengalami kenaikan. Bawang merah kini dijual seharga Rp  50 ribu per kilogram  atau naik dari pekan lalu yang hanya Rp 40 ribu per kilogram. Begitu pula dengan bawang putih dari semula Rp 35 ribu per kilogram kini dijual Rp 40 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ini, lanjut Arisman biasa terjadi sebelum lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Namun untuk ketersediaan pasokan pangan menurut Arisman dipastikan dalam kondisi aman. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat