visitaaponce.com

Harga Semua Jenis Cabai di Pasar Tradisional di Depok Jelang Idul Fitri 2024 Kian Melambung Tinggi

Harga Semua Jenis Cabai di Pasar Tradisional di Depok Jelang Idul Fitri 2024 Kian Melambung Tinggi
Suasana kesibukan pedagang cabai di Pasar Kebayoran, Jakarta(MI/Susanto)

KIAN mendekatnya hari raya Idul Fitri 2024 harga semua komoditas cabai di seluruh pasar tradisional di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), hari ini kian melambung tinggi.

Cabai yang mengalami kenaikan signifikan antara lain, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, cabai hijau besar, dan cabai merah besar.

Tak diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun sejumlah pedagang mengaku kenaikannya dikarenakan stok yang mulai minim sejak pekan lalu. Kenaikan lima jenis cabai tampak merata di seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Depok.

Baca juga : Harga Cabai di Palembang Setara 3 Kilogram Ayam Potong

Pasar tradisional di Kota Depok yang mendagangkan cabai dengan harga signifikan meliputi Pasar Kemirimuka, Pasar Agung, Pasar Tugu, Pasar Cisalak, dan Pasar Sukatani, yang berlokasi di Jalan Bunga 3 Nomor 12 B5, Kelurahan Sukatani, Kecamatan. Tapos, Kota Depok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD) Pasar Kemirimuka, Budi Setyanto mengemukakan pihaknya tak bisa mengintervensi harga dimana semua komoditas kebutuhan pokok strategis di Pasar Kemirimuka seperti cabai naik signifikan. Menipisnya persediaan dinilai menjadi faktor pemicu kenaikan harga komoditas tersebut.

Di sisi lain, harga beras tetap bertahan melampaui harga eceran tertinggi akibat tidak adanya bantuan pangan beras disalurkan kepada warga.

Baca juga : Kabar Baik! Harga Cabai di Pasar Tradisional Kota Depok Berangsur Turun

Budi memperoleh keterangan dari pedagang aneka bahan kebutuhan pokok Pasar Kemirimuka bernama Jarot mengatakan harga semua jenis cabai naik sejak pekan lalu.

Kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada komoditas cabai merah keriting dari yang semula Rp30 ribu per kilogram pada pekan lalu sekarang menjadi Rp37 ribu per kilogram naik Rp7 ribu atau naik sekitar 19 persen. Cabai rawit hijau juga terkerek naik dari semula Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram naik 11 persen.

Sedangkan harga cabai rawit merah di Pasar Kemirimuka tercatat naik dari semula Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram atau naik 11 persen.

Baca juga : Harga Berbagai Cabai di Pasar Kemirimuka Depok Naik Lagi

Ketiga jenis cabai itu naik secara perlahan hari ini. Informasi yang diperoleh dari Jarot dari pemasok- pemasok cabai, kenaikan harga cabai dipengaruhi menipisnya persediaan menjelang Idul Fitri tahun 2024.

“Katanya banyak permintaan sehingga pasokan berkurang. Selain itu informasi lainnya, tanaman cabai yang kekurangan air. Hasil panennya jadi enggak maksimal, makanya harganya naik,” kata Budi.

Kepala UPTD Pasar Sukatani, Tri Handoko mengatakan harga semua jenis cabai menjelang lebaran atau hari ini naik 11 persen hingga 20 persen.

Ia memperkirakan harga-harga kebutuhan pokok masih akan naik mendekati hari H Idul Fitri akan datang. " Pasalnya menjelang lebaran permintaan akan kebutuhan pokok selalu naik, " ucap Tri Handoko. (KG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat