visitaaponce.com

Petani Temanggung Diuntungkan oleh Tingginya Harga Bawang

Petani Temanggung Diuntungkan oleh Tingginya Harga Bawang
Ilutrasi petani bawang(MI/Supardji Rasban)

PARA petani di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diuntungkan oleh tingginya harga bawang merah. Selain bisa menutup ongkos produksi, mereka juga menikmati hasil dari musim panen tahun ini.

Kosis, salah seorang petani di Kecamatan Bansari, Temanggung, mengatakan, harga bawang dari petani saat ini di kisaran Rp18 ribu hingga Rp19 ribu per kilogram (kg). Sedangkan jika dijual kering, harga bawang merah mencapai kisaran Rp23 ribu hingga Rp 25 ribu per kg.

"Harga tersebut sudah lebih tinggi dari harga normal yang hanya di kisaran Rp19 ribu per kg untuk bawang merah kering dan kisaran Rp15 ribu per kg kategori basah,"kata Kosis, Rabu (8/5).

Kosis sendiri menanam bawang merah seluas 7 hektare di lahannya di daerah Kecamatan Bansari. Adapun produktivitas bawang merah mencapai kisaran 13 hingga 15 ton per hektare untuk bawang basah. Ia menjual bawang ke luar daerah. Antara lain Pekanbaru, Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

Sementara itu, pantauan di pasaran, harga bawang merah saat ini masih dipasarkan dengan kisaran harga antara Rp 65 ribu hingga Rp 70 ribu per kilogram. Harga tersebut terbilang tinggi karena saat kondisi normal hanya di kisaran Rp 28 ribu per kg. (TS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat