visitaaponce.com

Satgas Pangan Cek Ketersediaan Cabai-Telur Jelang Idul Adha

Satgas Pangan Cek Ketersediaan Cabai-Telur Jelang Idul Adha
Ilustrasi(MI/Usman Iskandar)

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri melakukan operasi pasar menjelang Hari Raya Idul Adha. Pengecekan utamanya dilakukan pada komoditas cabai dan telur ayam.

"Upaya Satgas Pangan melakukan operasi pasar untuk memantau ketersediaan cabai dan telur di masyarakat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan, Rabu (21/6).

Selain pasar, operasi tersebut juga menyasar sentra-sentra sentra peternakan. Salah satunya adalah di Blitar, Jawa Timur. Dari pemantauan tersebut, diketahui harga di level peternak berada di kisaran Rp25.500 hingga Rp26.000 per kilogram.

Baca juga: Harga Telur Terus Meroket Karena Program Tengses

Ankga itu sedikit lebih tinggi dibandingkan beberapa pekan sebelumnya. Kenaikan tersebut dipengaruhi dengan biaya produksi dan operasional dari peternak telur ayam.

Sementara itu, cabai rawit di beberapa daerah tengah mengalami penurunan. Harga rata-rata nasional cabai rawit di awal Juni sebesar Rp44.780 per kg, di bawah harga acuan yakni Rp57.000 per kg.

Baca juga: Bapanas Gulirkan Program untuk Stabilkan Harga Telur Ayam di Pasaran

Sedangkan, cabai merah keriting harga rata-rata nasional saat ini Rp39.037 per kg, juga di bawah harga acuan yakni Rp55.000 per kg.

"Untuk stok ketersediaan lainnya saat ini masih mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi hari besar keagamaan," tandas Nurul. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat