visitaaponce.com

Harga Telur Terus Meroket Karena Program Tengses

Harga Telur Terus Meroket Karena Program Tengses
Harga telur ayamn terus meroket(MI/ Usman Iskandar)

HARGA telur ayam di Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sekitarnya, sebulan terakhir terus mengalami kenaikan. Harga sudah mendekati angka Rp60 ribu per rak yang berisi 30 butir telur, padahal harga normalnya dikisaran Rp45 ribu - Rp48 ribu per rak.

Pedagang telur di Pasar Tamamaung, Jalan AP Pettarani Makassar, Rahma mengaku jika harga telur terus naik, lantaran stok telur juga menipis dari peternakan atau distributor utama di Kabupaten Sidrap.

Rahma juga mengaku, jika sebelum harga telur meroket, dirinya bisa mendapatkan 1.000 rak telur setiap bulan, tapi hampir sebulan terakhir, hanya dapat 400 rak.

Baca juga: Bapanas Gulirkan Program untuk Stabilkan Harga Telur Ayam di Pasaran

"Ini stok telurnya sisa segini. Dulu penuh telur ini meja, sekarang sedikit sekali," keluh Rahma sambil menunjuk meja dagangannya.

Selain di Pasar Tamamaung, hal serupa terjadi di Pasar Terong dan dan Pasar Pa'baeng-baeng serta pasar tradisional lain di Kota Makassar.

Baca juga: Ikatan Pedagang Pasar Desak Pemerintah Segera Stabilkan Harga Telur Ayam

Terpisah, peternak telur ayam ras di Kabupaten Gowa, Sulsel Suyuti, menyebutkan harga telur ayam di tingkat peternak di lepas antara Rp46 ribu - Rp48 ribu.

Menurut Suyuti, kenaikan harga dipicu empat faktor. Yaitu, karena ada regenerasi indukan ayam pada akhir Ramadan lalu. Peternak mengurangi populasi 10 hingga 15 persen indukan lantaran sudah akhir. Selain itu, cuaca panas menyebabkan produksi ayam telur menurun 3 hingga 5 persen.

“Juga ada bansos Bappenas untuk program stunting (tengses), sehingga stok telur ayam banyak ke sana,” ungkap Suyuti.

Demikian pula, harga pangan juga menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan harga telur ayam. Semua faktor tersebut menyebabkan biaya produksi meningkat, namun regenerasi ayam menjadi faktor utama. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat