visitaaponce.com

Kotawaringin Timur Siap Jadi Penyangga Pangan IKN

Kotawaringin Timur Siap Jadi Penyangga Pangan IKN
Ilustrasi(Antara)

Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, menyatakan siap menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Kotim memiliki potensi seperti lahan pertanian yang luas untuk menopang kebutuhan konsumsi pangan di ibu kota baru.

"Kotim siap menjadi penyangga IKN. Kami telah menyusun masterplan kemudian diserahkan ke pusat," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Jumat (28/6).

Ada empat kecamatan di Kotim yang menjadi sentra padi, yaitu Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut dan Teluk Sampit. Selama ini, produksi beras Kotim juga telah dikirmikan ke luar provinsi seperti Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga : Sepertiga Sampah di Indonesia dari Limbah Makanan

"Produksi pertanian kita ini surplus kalau untuk Kotim. Makanya selama ini produksi beras kita itu sampai dikirim ke provinsi lain seperti Kalsel," ujarnya.

Ia pun mengapresiasi pemerintah pusat yang memberi perhatian terhadap bidang pertanian melalui bantuan pompa air di musim kemarau.

Halikinnor menambahkan saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Kotim beberapa waktu lalu (26/6), kepala negara sempat menyinggung rencana pengembangan perternakan sapi dan peningkatan produksi jagung di wilayah itu. Ia pun menyambut baik rencana tersebut dan siap mendukung. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat