visitaaponce.com

Antisipasi El Nino, Padi Gogo Dikembangkan di Rejang Lebong

Antisipasi El Nino, Padi Gogo Dikembangkan di Rejang Lebong
Petani mengembangan padi yang tahan kurang air di saat musim kekeringan yakni jenis padi gogo.(Dok MI)

DINAS Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, melakukan penanaman padi gogo atau padi darat di atas lahan seluas 10 hektare dalam beberapa kecamatan di daerah itu. 

"Penanaman padi gogo ini akan dilaksanakan di atas lahan seluas 10 hektare. Kegiatan ini untuk mengantisipasi dampak dari El Nino beberapa bulan ke depan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong Amrul Eby usai melakukan penanaman padi gogo di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, Jumat (21/6). 

Pada program penanaman padi gogo di daerah itu, kata dia, dilakukan oleh tiga kelompok tani yang ada di Desa Air Merah, Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu, dan satu lokasi lagi akan dilaksanakan di wilayah Lembak. Program penanaman padi gogo itu sendiri menggunakan benih bantuan dari Kementerian Pertanian dengan varietas kuku balam sebanyak 400 kg atau 40 kg per hektare. 

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi yang mengikuti kegiatan penanaman padi gogo ini berharap padi yang ditanam itu nanti bisa dirawat sehingga bisa tumbuh dan menghasilkan untuk pemenuhan pangan warga setempat. 

"Mudah-mudahan padi ini nanti bisa tumbuh dan dikembangkan lagi di beberapa tempat lain. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pilot project mengatasi kerawanan pangan," terangnya. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat