visitaaponce.com

Kementan Berikan Bantuan kepada Para Petani Muda di Daerah

Kementan Berikan Bantuan kepada Para Petani Muda di Daerah
Ilustrasi(Antara)

Kementerian Pertanian (Kementan) terus memberikan program bantuan kepada petani muda di Indonesia. Sebagian besar bantuan berupa bantuan pelatihan baik on farm maupun off farm sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

"Di Aceh berbeda, di Papua berbeda, komoditasnya juga berbeda-beda. Ada yang kebutuhannya untuk pangan, ada untuk hortikultura, ada untuk perkebunan, ada untuk peternakan. Pelatihan itu rutin kita lakukan, pelatihan teknis namanya," ucap Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Fadjry Djufry, Selasa (25/6).

Selain memberikan program pelatihan teknis, Kementan juga memberikan kredit usaha tani bagi petani-petani muda. Nilainya bervariasi, mulai dari Rp50 juta sampai miliaran rupiah, tergantung kebutuhan tiap-tiap petani tersebut.

Baca juga : Kementan Perkuat Resonansi Duta Petani Millenial dan Duta Petani Andalan

Dengan bantuan itu, Kementan berharap petani-petani sekaligus wirausaha muda di Indonesia akan semakin banyak.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan pemerintah, petani milenial itu kita bisa satukan dalam program untuk kebaikan bersama, untuk menyiapkan pangan 273 juta penduduk Indonesia," tutur dia.

Sebagai informasi, saat ini mayoritas petani produktif di Indonesia adalah petani tua, hanya sekitar 21 persen petani produktif yang merupakan petani muda. Padahal, petani muda sendiri adalah orang yang dinilai paling krusial untuk mengembangkan industri pertanian. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat