visitaaponce.com

Pastikan Produksi Aman, Kementan Tinjau Langsung Padi hingga Tebu di Cirebon

Pastikan Produksi Aman, Kementan Tinjau Langsung Padi hingga Tebu di Cirebon
Irjen Kementan dan rombongan saat kunjungan kerja ke Cirebon.(Dok. Kementan)

INSPEKTUR Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan), Setyo Budianto, melakukan kunjungan kerja ke Cirebon. Selain melakukan panen di area persawahan Desa Jagapura Wetan, Irjen Kementan bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Heru Tri Widarto, juga meninjau Pabrik Gula (PG) Sindang Laut di PG Sindanglaut, Cipeujeuh Wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Dalam kunjungan tersebut mereka sekaligus melakukan temu wicara di lahan kebun tebu, Karangsembung, Karangtengah, Kec. Karangsembung, Kabupaten Cirebon bersama Kelompok Tani Tebu dari Koperasi Semangat Masyarakat

Sebagai informasi, Koperasi Semangat Masyarakat (Semar) yang beranggotakan 30 Kelompok Tani tebu dengan luas lahan 1077 ha, yang menghasilkan 750 hingga 900 kuintal/ha.

Baca juga : Mentan Amran Dukung Jatim Menjadi Penghasil Pangan Nasional Terbesar Di Indonesia

Pada momen itu, Ketua Koperasi Semar, Rahmat Taufik mengatakan, dirinya berharap bantuan pupuk bersubsidi dan ada benih varietas baru atau pemurnian dari varietas yang lama. Selain itu, mereka berharap besar kelangkaan sdm bisa teratasi dengan alat mekanisasi yang mumpuni.

“Untuk harga gula harapannya hasil panen tebu kami bisa terserap dan adanya revitalisasi pabrik gula, agar hasil produksi maupun produktivitas tebu semakin baik dan berkualitas,” ujar Rahmat.

Menanggapi harapan petani, pemerintah mengatakan, langkah solutif akan diupayakan. Salah satunya akan dilakukan pembahasan pupuk untuk tebu dengan pihak terkait. Pemerintah memahami pentingnya menjaga ketersediaan bahan baku tebu, karena keberlangsungan tanaman tebu tidak bisa terlepas dari pupuk dan alsintan, mulai dari tanam hingga panen.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat