visitaaponce.com

Satgas Pangan Polri Awasi Ketersediaan Bahan Pokok dan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

Satgas Pangan Polri Awasi Ketersediaan Bahan Pokok dan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha
Satgas Pangan Polri aktif memantau stok bahan pokok penting di pasar tradisional jelang Idul Adha(Dok.MI)

SATUAN Tugas (Satgas) Pangan Polri memonitor ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) di beberapa pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Adha, guna menjaga harga pasar. 

"Diharapkan stok yang ada dapat memenuhi permintaan masyarakat sehingga kestabilan harga tetap terjaga," kata Kasatgas Pangan Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan dalam keterangan tertulis, Jumat (14/6).

Whisnu mengatakan sejumlah pasar induk yang dicek yaitu Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Cijantung, dan Pasar Kebayoran Lama. Adapun, hasil pengecekan ditemukan harga cabai rawit merah naik.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Harga Bahan Pokok di Pasaran Merangkak Naik

"Bapokting yang mengalami kenaikan dalam satu minggu terakhir yaitu cabai rawit merah yang dijual kisaran Rp55.000-Rp55.400/kg," ujar Whisnu.

Sedangkan, rata-rata harga beras medium Rp12.500/kg, gula Rp17.500/kg, telur ayam Rp27.000 dan daging ayam Rp40.000/kg. Berdasarkan pengakuan pedagang, kata Whisnu, tidak ada hambatan dalam ketersediaan bapokting.

Di samping itu, Whisnu menyebut Satgas Pangan Bareskrim Polri juga memonitor beberapa tempat penjualan hewan kurban. Tujuannya untuk memastikan kondisi hewan kurban untuk Iduladha tersebut.

Baca juga : Satgas Pangan Cek Ketersediaan Cabai-Telur Jelang Idul Adha

"Hal ini dalam mengantisipasi adanya hewan kurban yang tidak layak dikarenakan terjangkit penyakit ternak," ungkap jenderal bintang satu itu.

Berdasarkan hasil pengecekan, kata Whisnu, para penjual menjelaskan bahwa hewan kurban yang dikirim dari luar Jakarta sudah dilakukan pengecekan oleh karantina. Selain itu, beberapa upaya telah dilakukan seperti menjaga sanitasi lokasi penjualan.

"Dan berkoordinasi dengan pihak dinas peternakan setempat dalam memberikan vaksin hewan," ucapnya.

Hewan kurban di daerah diminta juga dilakukan pengecekan yang sama. Satgas Pangan Polri telah menginstruksikan Satgas Daerah untuk memontor beberapa tempat penjualan hewan kurban di wilayah masing-masing. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat