visitaaponce.com

Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Dua Pasar Rakyat di Riau

Mendag Zulkifli Hasan Resmikan Dua Pasar Rakyat di Riau
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan(MI/Akhmad Safuan)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan dua pasar rakyat di Riau, yaitu Pasar Rakyat Palapa di Pekanbaru dan Pasar Rakyat Minggu di Kabupaten Rokan Hulu. Peresmian dipusatkan di Pekanbaru yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Dalam sambutannya, Zulkifli menegaskan bahwa pasar rakyat merupakan penyokong utama pertumbuhan ekonomi di daerah. Untuk itu, revitalisasi menjadi program wajib pemerintah.

"Peresmian pasar rakyat di Pekanbaru dan Rokan Hulu menjadi program pemerintah karena pasar adalah salah satu sarana penting, apalagi pasar rakyat. Pasar rakyat ini salah satu yang membuat ekonomi Indonesia stabil. Pasar rakyat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penyokong utama ekonomi Indonesia," kata Zulkifli melalui keterangan resmi, Selasa (25/6).

Baca juga : Kunjungi Pasar Tambun, Mendag: Harga Beras dan Cabai Turun Terpantau Turun

Ia berharap, ke depan, pasar rakyat bisa menjadi sarana untuk pemerataan kesetaraan ekonomi. Selain itu, pasar rakyat juga harus menjadi sarana untuk melatih kewirausahaan.

"Kita ingin Indonesia maju dengan kepemilikan masyarakat banyak dan kesetaraan bukan konglomerasi. Itulah tujuan Indonesia merdeka yaitu adil bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk ekonomi Pancasila artinya memperluas kepemilikan. Salah satu caranya dengan pasar mendekatkan kepada masyarakat. Selain itu, pasar rakyat untuk mengembangkan UMKM karena kewirausahaan itu mesti dilatih," papar pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Pembangunan kedua pasar rakyat tersebut menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Kemendag tahun anggaran 2023 dengan nilai sebesar Rp3 miliar untuk tiap-tiap pasar.

Pasar Palapa berdiri di atas lahan seluas 1.064 m2 dengan luas bangunan 750 m2. Setelah dilakukan revitalisasi Pasar Palapa mampu menampung 130 pedagang. Sedangkan Pasar Minggu berdiri di atas lahan seluas 25.751 m2 dengan luas bangunan 459 m2. Pasar ini mampu menampung 60 pedagang yang terdiri atas 12 kios dan 48 los. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat