visitaaponce.com

Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko Perekat Silaturahmi dan Bangkitkan UMKM Kediri

Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko Perekat Silaturahmi dan Bangkitkan UMKM Kediri
Pesta Rakyat Konco Kulo Moeldoko(Ist)

PESTA rakyat bertajuk Konco Kulo Moeldoko yang baru saja digelar pekan ini di Kediri, Jawa Timur, diharapkan bisa menjadi sarana silaturahmi dan hiburan.

Juga yang terpenting, bisa menjadi pemacu bangkitnya perekonomian di daerah, terutama dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: BRI Gelar Grebek Pasar dan Pesta Rakyat di Yogyakarta

"Selain berlangsung dalam suasana rukun dan guyub, acara ini berhasil menghadirkan pesta rakyat dengan 150 UMKM turut berpartisipasi. Kami berharap pesta rakyat ini bisa berdampak positif pada ekonomi daerah,” kata Pembina Moeldoko Center Minadi Pujaya melalui keterangannya, Kamis (12/10).

Ia menjelaskan para pedagang UMKM juga sangat antusias karena mereka baru kali ini tidak dibebankan biaya apapun. Mereka bangga bisa turut memperkenalkan tokoh relawan bangsa Konco Kulo Moeldoko dari Kediri.

Mengenai rangkaian acara, kata Minadi, diawali dengan senam sehat, jaranan (tarian khas Jawa Timur). Selanjutnya, ada bazar rakyat, serta hiburan akustik dan campur sari di malam harinya.

Baca juga: Lakukan Perpisahan, Ganjar Gelar Pesta Rakyat

Ketua Umum Moeldoko Center Trisya Suherman menuturkan acara Konco Kulo Moeldoko yang dihadiri puluhan ribu warga Jawa Timur mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, itu merupakan pertama kalinya digelar di Kediri.

“Acara ini diminati oleh masyarakat dan pedagang UMKM, dan akan selalu dinanti-nanti di masa mendatang,” ungkap Trisya.

Ia juga berharap melalui acara itu, makin banyak generasi penerus yang terinspirasi dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Pasalnya, kegiatan ini diiringi dengan rasa kebersamaan dan kerukunan yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko secara daring berharap Konco Kulo Moeldoko bisa menjadi wadah perekat di masyarakat sambil bersilaturahmi dan menikmati hiburan.

“Yang penting sambil guyub dan rukun, kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia makin maju ke depan, dan mengusahakan agar UMKM kita laris,” pungkas Moeldoko. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat