visitaaponce.com

Menteri ESDM Pastikan Stok BBM Aman selama Libur Lebaran

Menteri ESDM Pastikan Stok BBM Aman selama Libur Lebaran
Mobil tangki melintas di area pengisian otomatisIntegrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang, Jakarta Utara, Selasa (2/4).(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan kondisi ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman selama masa Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Hal itu ia sampaikan ketika meninjau Integrated Terminal Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Kamis (4/4).

“Secara umum, ketahanan stok BBM dalam kondisi bagus di atas 20 hari, pertalite 20 hari dan solar juga sama,” ujar Arifin dalam keterangan resmi, Jumat (5/4).

Untuk memastikan kebutuhan BBM dan elpiji masyarakat terpenuhi, Arifin menuturkan Kementerian ESDM melalui BPH Migas bersama PT. Pertamina (Persero) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang telah dimulai pada tanggal 25 Maret - 21 April 2024.

Baca juga : Sukses Penuhi Kebutuhan Energi, Ini Catatan Pertamina Patra Niaga Sepanjang Libur Idul Adha

Selama periode Posko Hari Ramadhan dan Idul Fitri 2024, PT. Pertamina menyiagakan 115 terminal BBM, lebih dari 7.400 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), dan 71 depot pengisian pesawat udara (DPPU), serta menyiagakan fasilitas tambahan di wilayah-wilayah dengan demand tinggi.

Namun, Arifin menerangkan faktor cuaca menjadi hal yang harus diwaspadai, mengingat cuaca yang ekstrem akan mengganggu distribusi BBM. "Cuaca ekstrem akan mempengaruhi supply. Meski demikian, inventory (persediaan) yang dimiliki sudah cukup bagus," jelasnya.

Terkait arus mudik periode Idul Fitri Tahun ini, Arifin menerima laporan baru terjadi kenaikan konsumsi BBM sebanyak 5% dari kebutuhan normal. Meski demikian, Menteri ESDM meminta kepada jajaran PT. Pertamina untuk mengantisipasi dengan menyiapkan stok bahan bakar 1,5 hingga 2 kali lebih banyak.

Baca juga : Direksi Pertamina Pantau Kesiapan Arus Balik Melalui Command Center

Pada kesempatan yang sama, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Alfian Nasution menyampaikan bahwa stok BBM hingga elpiji telah disiapkan dalam kondisi prima. Tera pengecekan meter arus dari dispenser SPBU juga telah sesuai dengan ketentuan meteorologi.

“Keakuratan dispenser yang ada di SPBU benar-benar baik jadi saya rasa baik dari sisi Terminal BBM maupun SPBU Pertamina sudah siap untuk melayani Lebaran di tahun ini,” jelasnya.

Menghadapi periode Idul Fitri dan arus mudik, Alfian menjelaskan bahwa Pertamina telah agen LPG siaga serta SPBU modular di rest area yang tidak memiliki SPBU. Selain itu, juga dipersiapkan kantong-kantong untuk mobil tangki dan layanan motoris delivery service jika ada pelanggan yang terjebak kemacetan.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat