visitaaponce.com

Prediksi Volume Penumpang KA Turun di Jakarta Hari Ini

Prediksi Volume Penumpang KA Turun di Jakarta Hari Ini
Pemudik arus balik pengguna Kereta Api Dharmawangsa perjalanan Surabaya Pasarturi-Jakarta Stasiun Pasar Senen tiba di Stasiun Pasar Senen.(MI/RAMDANI)

PADA hari ini, Rabu 17 April 2024, terdapat 46.731 pengguna kereta api jarak jauh (KAJJ) yang tiba di sejumlah stasiun wilayah Daop 1 Jakarta. Jumlah tersebut terus meningkat sejak pagi tadi dan hingga KA terakhir nanti, angka tersebut masih memungkinkan terus meningkat mencapai 47 ribu. 

Sebelumnya, peningkatan volume penumpang turun di area Daop 1 Jakarta terjadi sejak 12 April 2024 dengan rata-rata volume sekitar 41 ribu-48 ribu. Berdasarkan data sampai dengan siang ini, volume penumpang turun sekitar 46.731. Angka tersebut berada di urutan ke-3 paling tinggi jika dibandingkan hari lain sejak 12 April lalu. 

Dari volume penumpang turun tersebut, sekitar 18.132 turun di Stasiun Pasar Senen, 13.887 turun di Stasiun Gambir, 6.157 turun di Stasiun Bekasi, 3.931 turun di Stasiun Jatinegara, dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga 21 April 2024 dengan rata-rata penumpang mencapai angka sekitar 40 ribu per hari. 

Baca juga : Jumlah Penumpang Kereta Api pada Hari H Idul Fitri Terpantau Masih Tinggi

KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik di antaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakkan barang pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun. Sejumlah petugas Customer Service Mobile (CSM) juga menyiapkan pelayanan informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri dalam pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan Lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. 

Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop, dan lainnya. Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Baca juga : Mudik 2022 : 651.427 Ribu Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Update penumpang berangkat usai Hari Lebaran 

Volume pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 pada Rabu 17 April 2024 juga masih cukup tinggi. Secara total terdapat sekitar 23.000 pengguna berangkat dengan sekitar 16.500 penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 6.500 penumpang dari Stasiun Gambir. Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 51% dari total ketersediaan tempat duduk. Untuk hari ini, KA tambahan masih dijalankan. Total terdapat 78 KA yang berangkat terdiri dari 38 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 40 KA lain dari Stasiun Gambir. 

Sementara berdasarkan data Rabu 12 April 2024 sekitar 782 ribu lebih tiket untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni 3-11 April 2024. 

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 100% dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada 4-10 April. Tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100%. Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Baca juga : Dampak Cuaca Esktrem, Perjalanan Kereta Jarak Jauh Dibatalkan

Daop 1 Jakarta mengingatkan kembali agar pelanggan KA yang akan mudik agar memperhatikan aturan barang bawaan yakni volume maksimal 20 kg atau volume 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm) diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra. Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas ekskutif Rp10.000 per kg, kelas bisnis Rp6.000 per kg, dan kelas ekonomi Rp2.000 per kg.

Selain itu, pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu dalam bagasi kereta api, di antaranya benda yang mudah terbakar, senjata api/senjata tajam, narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lain, benda/barang yang berbau menyengat, serta hewan peliharaan. Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA. 

Ketersediaan tempat duduk hari ini hingga Minggu 21 April 2024 mendatang masih 93 ribu lebih atau 18.600 rata-rata per hari. Bagi para pelanggan kereta api yang akan memanfaat melakukan perjalanan di momen pasca-Lebaran dapat segera melakukan transaksi pembelian tiket agar tidak kehabisan. 

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal, dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerja sama dengan KAI. (RO/Z-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat