visitaaponce.com

MIND ID Perkuat Struktur Industri Lewat Hilirisasi

MIND ID Perkuat Struktur Industri Lewat Hilirisasi
Ilustrasi aktivitas pertambangan(Dok.Mind Id)

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID mendorong hilirisasi industri tambang di Indonesia. Pasalnya, hilirisasi akan memperkuat struktur industri, memberikan nilai lebih bagi suatu komoditas, hingga menyediakan lapangan kerja.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, hilirisasi merupakan satu di antara tiga mandat yang diberikan pemerintah kepada MIND ID.

"MIND ID mengemban amanah sebagai induk perusahaan pertambangan pelat merah dalam memaksimalkan hilirisasi," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (19/4).

Baca juga : Program Inovatif MIND ID Bantu Perangi Stunting di Indonesia

Hilirisasi di sektor pertambangan yang dilakukan BUMN Holding Industri Pertambangan itu bertujuan memperkuat struktur industri, juga memberi nilai tambah untuk Indonesia.

"Hilirisasi bukan hanya sekadar strategi, tetapi juga sebuah misi penting dalam pengembangan industri dan ekonomi Indonesia. Tujuannya adalah meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi ketergantungan pada impor," katanya.

Dia menambahkan, MIND ID berkomitmen untuk melanjutkan upaya hilirisasi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat.

Baca juga : Freeport Indonesia Bina 9 UMKM dari Amungme dan Kamoro

"MIND ID juga terus mengembangkan inovasi, teknologi, dan SDM untuk meningkatkan nilai tambah produk tambang dalam negeri. Selain itu, MIND ID telah mengambil langkah-langkah strategis untuk memperluas pasar, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, serta memastikan keberlanjutan lingkungan," pungkasnya.

Sebelumnya, pengamat pertambangan R Sukhyar, menilai MIND ID telah proaktif dalam mendukung program hilirisasi pemerintah. Mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut berpendapat, hilirisasi telah memberi dampak positif terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

"MIND ID tidak lagi bermain di level produk antara, tetapi harus mengarah pada produk-produk yang lebih ke hilir, bahkan sampai ke produk manufaktur," ujar Sukhyar dalam diskusi bertajuk Peran Pertambangan Dalam Transisi Energi dan Hilirisasi.

Sukhyar mencontohkan, di sektor transportasi, upaya mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) telah diwujudkan melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik. Indonesia memiliki keunggulan kompetitif karena memiliki potensi sumber daya nikel yang besar, yakni sebagai bahan baku kunci dalam pembuatan baterai kendaraan listrik.

Selain itu, berbagai mineral tambang lainnya yang dibutuhkan untuk industri kendaraan listrik juga tersedia dan dikelola dengan sangat baik dalam Grup MIND ID. Alhasil, lewat upaya hilirisasi, MIND ID akan memiliki peran penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat