visitaaponce.com

Program Inovatif MIND ID Bantu Perangi Stunting di Indonesia

Program Inovatif MIND ID Bantu Perangi Stunting di Indonesia
Pemantauan penambahan berat badan bayi menjadi bagian dari pencegahan stunting.(Dok. MIND ID)

KASUS anak stunting (tengkes) masih menjadi masalah kesehatan di banyak daerah di Indonesia. Stunting disebabkan oleh kekurangan  gizi kronis pada masa golden periode yaitu sejak masa janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Dampaknya sangat merugikan, sebab stunting menghambat tumbuh kembang anak. Bukan saja anak menjadi bertubuh pendek, ia juga jadi sering sakit, perkembangan kognitif, motorik, dan verbalnya tidak optimal, dan kelak saat dewasa ia berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit degeneratif seperti diabetes.

Penurunanan kejadian stunting menjadi salah satu program nasional. Upaya itu tentu memerlukan peran serta berbagai pihak. Dalam hal ini, BUMN Holding industri pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) turut berkontribusi.

“MIND ID membantu pemerintah menekan kasus stunting di masyarakat, khususnya masyarakat lokal di sekitar wilayah operasional perusahaan anggota MIND ID. Program pencegahan stunting ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Kami harap berbagai kegiatan dan program ini dapat membantu untuk menekan stunting di Tanah Air,” ujar Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, melalui siaran pers yang dirilis bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Dunia, 7 April 2024.

Baca juga : Program Bebas Stunting dari Darya-Varia Turunkan Angka Stunting di Desa Cibatok II

Heri menambahkan, sejumlah anggota Grup MIND ID telah melakukan serangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) yang inovatif untuk penurunan angka stunting, berikut di antaranya: 

Gen Sehat di Kabupaten Sanggau

Dengan prevalensi stunting sebesar 21,6% (2023), masalah stunting telah menjadi salah satu fokus utama program CSR anggota Grup MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Perseroan menginisiasi Program Generasi Sehat Bebas Stunting (Gen Sehat) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat dan mencegah stunting, khususnya di sekitar di area pertambangan Unit Bisnis Pertambangan Bauksit, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

Perusahaan juga melibatkan berbagai pihak dalam rangkaian aksi nyata, termasuk dengan membentuk Rumah Peduli Remaja Putri (Rupe-Rupe) guna mengurangi angka pernikahan dini yang menjadi salah satu faktor penyebab stunting. Selain itu, PT Antam juga membangun akses air bersih melalui program Pipa Berseri. Perseroan telah membangun 20,5 km pipa air bersih untuk didistribusikan ke 1.139 orang di Desa Tanjung Bunut. Diharapkan, akses air bersih ini dapat mencegah stunting serta masalah kesehatan lainnya.

Baca juga : Damai Putra Group Gelar Peduli Cegah Stunting di Kelurahan Setia Asih Bekasi

Dalam upaya memastikan keberhasilan program, PT Antam menyadari pentingnya monitoring dan melibatkan masyarakat secara langsung. Perusahaan membentuk program pengamatan kesehatan berbasis masyarakat yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

PASTI Papua Perangi Stunting

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Freeport Indonesia (PTFI), juga turut berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting, khususnya di wilayah Papua. Melalui program Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia for Papua Chapter (PASTI Papua) yang bekerja sama dengan Badan Pengembangan Internasional Amerika Serikat (USAID), PTFI berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan mengurangi angka stunting di wilayah tersebut.

PTFI dan USAID menandatangani MoU PASTI Papua dengan dukungan pendanaan sebesar 3,53 juta dolar AS dari PTFI dan 500.000 dolar AS dari USAID. Program ini diimplementasikan dengan tujuan utama meningkatkan kualitas praktik kesehatan dan nutrisi berbasis masyarakat, meningkatkan kualitas layanan kesehatan primer, serta menguatkan kapasitas institusional dan koordinasi kolaboratif di tingkat subnasional.

Kolaborasi dengan FK USU

Komitmen mencegah stunting juga datang dari Anggota Grup MIND ID, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) lewat Program Pencegahan Stunting. Kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi Inalum dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU). 

Inalum dan FK USU menggelar seminar kesehatan dan program pencegahan stunting dengan peserta melibatkan masyarakat sekitar dan ibu-ibu di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Tak hanya itu, Inalum juga mengajak siswa-siswi SMA setempat menjadi kader pencegahan stunting. Program ini dirancang berkelanjutan sehingga pemahaman dasar tentang bahaya stunting bisa disebarluaskan di bangku sekolah dan para orang tua. (RO/B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat