visitaaponce.com

Jalankan CSR Inovatif di Pulau Obi, Harita Nickel Raih 2 Penghargaan

Jalankan CSR Inovatif di Pulau Obi, Harita Nickel Raih 2 Penghargaan
PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel meraih dua penghargaan TOP CSR Awards 2024.(Dok. Harita Nickel)

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel, perusahaan pertambangan dan pemrosesan nikel terintegrasi berkelanjutan, meraih dua penghargaan dalam acara penganugerahan TOP CSR Awards 2024 di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024. Harita Nickel yang beroperasi di Pulau Obi, Maluku Utara mendapat penghargaan TOP CSR Award dengan predikat bintang 4 dan TOP Leader on CSR Commitment 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Harita Nickel, Roy A. Arfandy.

Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards 2024, Achmad Daniri, menyatakan penghargaan diberikan setelah melalui rangkaian penilaian yang terdiri dari lima kriteria utama. Untuk penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2024, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada komitmen pimpinan perusahaan terhadap program CSR.

“Ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pimpinan perusahaan yang dinilai berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya,” papar Daniri.

Baca juga : Harita Nickel Borong 5 Penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan

PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel meraih dua penghargaan TOP CSR Awards 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Head of External Relations Harita Nickel, Latif Supriadi, menyampaikan kedua penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam mengembangkan dan menjalankan program CSR yang inovatif. Latif menambahkan kehadiran Harita Nickel di Pulau Obi, Maluku Utara membuka peluang bagi masyarakat untuk tumbuh bersama.

"Inilah sebabnya kami berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat setempat dengan melibatkan mereka sebagai mitra integral dalam rantai pasok kami. Dengan memberdayakan dan menggandeng masyarakat sebagai supplier lokal, kami menciptakan ikatan yang kuat antara keberlanjutan bisnis dan pertumbuhan ekonomi lokal," tutur Latif usai menerima penghargaan.

Baca juga : Beri Kontribusi Bagi Lingkungan, KITB Sabet Penghargaan TOP CSR Award

Latif mencontohkan salah satu program pengembangan ekonomi yang dijalankan bernama Gerakan Kemandirian dan Penguatan Pelaku Usaha Desa (Gemar Papeda). Melalui program ini, sebanyak 65 supplier lokal, 26 kelompok tani telah dibina dan 691 lapangan kerja telah tercipta. Nilai transaksi bulanan tertinggi dari supplier lokal yang diserap oleh perusahaan ini mencapai Rp 13 miliar per bulan.

Sementara itu, ketua penyelenggara TOP CSR Awards 2024, M. Lutfi Handayani dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan ini mengandung banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan. Pada tahun ini, ajang ini diikuti oleh 190 perusahaan yang mendaftar dan sebanyak 152 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap.

Ajang TOP CSR Awards 2024 diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan beberapa lembaga terkemuka di Indonesia, antara lain Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi CSR Indonesia, Corebest (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), Interdev (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/ Konsultan GCG), Solusi Kinerja Bisnis (SKB).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat