visitaaponce.com

Bagaimana AI ChatGPT Mengubah Pendidikan Anak Simak Penjelasannya

Bagaimana AI ChatGPT Mengubah Pendidikan Anak? Simak Penjelasannya
Ilustrasi(Freepik)

KECERDASAN Buatan (AI) mengubah berbagai aspek kehidupan kita, tidak terkecuali pendidikan. Seiring dengan berkembangnya teknologi AI, seperti ChatGPT, integrasinya ke dalam sistem pendidikan menjanjikan perubahan transformatif. Lalu bagaimana AI mengubah pendidikan anak?

Anak-anak dan remaja berbondong-bondong menggunakan teknologi AI seperti ChatGPT, tapi apa artinya jika menyangkut tugas sekolah? Satu hal yang pasti, yaitu AI akan tetap ada.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diajukan para guru, profesor, dan ketua departemen sejak November 2022, ketika teknologi baru yang disebut ChatGPT memasuki pasar.

Baca juga : Kehadiran ChatGPT Disebut akan Ciptakan Siswa yang Tak Jujur

ChatGPT adalah bot pembuat teks yang dikembangkan lembaga penelitian kecerdasan buatan Open AI. Ini hanyalah salah satu dari  banyak bot yang muncul dalam beberapa bulan dan tahun terakhir. Hal ini segera membuat penasaran dan takut dari orang-orang yang mengujinya untuk mengetahui benda apa itu.

Apakah Anda ingin versi “The Star-Spangled Banner” yang ditulis dengan gaya musikal Broadway “Hamilton”? Atau mungkin esai perguruan tinggi sepanjang 500 kata yang menjelaskan mengapa lulusan sekolah menengah ingin kuliah di University of Pennsylvania? ChatGPT dapat membantu Anda menulisnya dalam waktu kurang dari 30 detik dan ini adalah dunia baru yang berani.

Selain itu, hanya beberapa hari setelah bot dirilis, beberapa orang menyatakan esai perguruan tinggi "mati" dan mengatakan siswa dapat mengakses dan mengandalkan alat seperti ChatGPT, yang disamakan dengan kalkulator untuk menulis tugas pekerjaan rumah. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan pendidikan.

Baca juga : Kepala UNRWA Serukan Alarms saat 600.000 Anak Kehilangan Pendidikan

The New York Times melaporkan sekolah negeri di New York dan Seattle  sepenuhnya melarang penggunaan ChatGPT oleh siswa, namun New York membatalkan keputusan tersebut pada Mei 2023.

Kemudian, dalam waktu singkat, para pemrogram (beberapa di antaranya masih kuliah) mulai mengembangkan aplikasi yang dapat mengenali teks yang dihasilkan oleh AI, dan Universitas California menawarkan wawasan pribadi terhadap mahasiswa yang memiliki pertanyaan tentang sistem UC, yaitu versi esai perguruan tinggi dan gagal dalam tes dengan versi yang lebih maju secara teknologi.

Apa Arti Teknologi AI bagi Pendidikan?

Jadi sekarang bagaimana? Akankah alat AI seperti ChatGPT memengaruhi masa depan pendidikan, dan bagaimana caranya? Para pendidik mengatakan AI akan mengubah pendidikan, namun bagaimana tepatnya masih belum jelas.

Baca juga : Lebih dari Separuh Orangtua Indonesia Dukung Anak Pilih Pendidikan Vokasi

Guru Bahasa Inggris AP di Jupiter High School di Jupiter, Florida Lillian Gilbert mengatakan “Kita harus belajar menggunakannya, karena hal ini tidak akan hilang". 

"Saya tidak melihat ChatGPT sebagai sesuatu yang jahat. Hal ini tidak dapat dihindari. Saya ingat ketika saya harus pergi ke perpustakaan dan menggunakan buku untuk penelitian, tetapi sekarang, saya dapat mencari informasi di Google di komputer saya. Atau ketika saya menggunakan pager sebelum telepon seluler," tambahnya.

Gilbert menggunakan ChatGPT di kelasnya dengan meminta siswanya menganalisis tanggapannya terhadap perintah argumentatif dan menjelaskan kelemahan jawaban yang dihasilkan AI dan memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Baca juga : Ini Pentingnya Bermain dan Pendidikan bagi Anak Anda

“Saya pikir ini bisa menjadi alat pembelajaran yang luar biasa,” katanya.

Gilbert yakin menggunakan produk AI seperti ChatGPT sangat penting bagi guru seperti dia.

"Saya memahami kekhawatiran yang ada terkait hal ini,” katanya. 

“Namun, dalam dunia pendidikan, kita perlu belajar bagaimana beradaptasi, dan itulah yang biasa dilakukan dan dilakukan dengan baik oleh para guru. Artinya, kita harus kreatif, sama seperti ketika pandemi terjadi, mengevaluasi kembali apa yang kami tekankan di kelas, membiarkan siswa berjuang tanpa menghukum mereka, membantu siswa kami tumbuh sebagai pemikir kritis."

Bagaimana Teknologi AI Dapat Bermanfaat bagi Siswa?

Jonathan Meer, profesor dan direktur program sarjana ekonomi di Texas A&M., menjelaskan "Meskipun ketakutan terbesar seputar ChatGPT adalah ketidakjujuran akademis, definisi "mencontek" tidak selalu sejelas yang kita bayangkan".

Meer, yang telah mengikuti perkembangan ChatGPT dengan cermat sebagai bagian dari karyanya mempelajari ekonomi pendidikan, telah memergoki seorang siswa yang mencoba menggunakan bot untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mingguannya di bidang ekonomi. 

Menurutnya penggunaan alat tersebut tidak tepat. Namun, ia juga melihat bahwa teknologi tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat sebagian mahasiswa, dengan persetujuan dan bimbingan dosennya.

"Di manakah batas antara meminta teman membacakan esai Anda dan memberikan saran, pergi ke pusat penulisan dan meminta tutor menunjukkan cara mengatur ulang paragraf, menginstal Grammarly di komputer Anda, atau menggunakan GPT?" dia bertanya. "Tidak ada aturan tegas di sini. Ini benar-benar spesifik pada konteksnya."

Lebih lanjut, Meer, yang merupakan ayah dari dua anak yang masih usia sekolah, mengatakan dia dapat melihat ChatGPT dan produk serupa memiliki arti yang berbeda untuk berbagai aspek dalam pendidikan anak. 

“Anda tidak bisa membiarkan siswa kelas tiga menggunakan ini ketika mereka belajar menulis esai,” katanya. "Dapatkah seorang mahasiswa PhD menggunakannya untuk menulis makalah? Saya tidak mengerti mengapa tidak," lanjutnya.

Meer juga mengatakan ChatGPT dapat digunakan sebagai pelengkap atau pengganti pekerjaan siswa. Dan para pendidik harus kreatif dalam menyusun tugas mereka karena mengetahui pekerjaan itu ada. 

"Ini berarti lebih banyak pekerjaan bagi instruktur, dan ini merupakan sebuah masalah. Ini berarti memikirkan ulang berbagai hal," katanya.

Di sisi lain, Joel Samuels, JD , yang menjabat sebagai profesor hukum dan dekan fakultas seni dan sains di Universitas South Carolina, mengatakan munculnya produk seperti ChatGPT menghadirkan peluang bagi para pendidik dan orang tua untuk berdiskusi dan mengkritik secara terbuka tentang teknologi seperti ini dan implikasinya terhadap anak-anak.

Dalam hal ini, menurut Samuels orangtua bisa bersikap pasif saat membaca buku atau menonton film bersama anak, orangtua membiarkan buku atau acara TV menentukan narasinya atau orangtua dapat menggunakan momen itu sebagai kesempatan untuk terhubung dengan anak mereka. 

"Anda! bisa bertanya, 'Menurut Anda, mengapa karakter itu merokok?' Atau, 'Menurut Anda mengapa mereka bereaksi seperti itu?' Dengan cara yang sama, saya pikir ini adalah kesempatan untuk melibatkan anak-anak mengenai teknologi sebanyak yang kita bisa atau akan maupun harus lakukan tentang media atau bidang lainnya," kata Samuels

Tak hanya itu, Gilbert juga melihat ChatGPT sebagai kesempatan bagi orang tua untuk berbicara dengan anak-anak mereka tentang apa yang penting dan tujuan pendidikan yang sebenarnya. 

“Sebagai orangtua, kita perlu mengajari mereka tentang moralitas dan konsekuensi yang timbul jika mereka tidak menjadi pemikir analitis. Kami tidak ingin meniru manusia di  Wall-E ,” katanya. 

"Baru-baru ini, saya berbincang terus terang dengan putra saya yang berusia sekolah menengah, yang lebih maju dalam bidang teknologi dibandingkan saya. Dia ingin menggunakan ChatGPT untuk menyusun pidato. Bersikap terbuka tentang integritas, akademis, atau lainnya. Ini penting dalam mengembangkan karakter anak-anak kita".

Sementara itu, Departemen Pendidikan AS bahkan ikut serta dalam mengintegrasikan AI dan ChatGPT ke dalam kebijakan. Pada bulan Oktober 2023, Presiden Biden menulis dalam  perintah eksekutif   mengenai penggunaan AI yang “aman, terjamin, dan dapat dipercaya”. 

Dimana alat ini dapat membantu memecahkan tantangan-tantangan mendesak sekaligus menjadikan dunia lebih sejahtera, produktif, inovatif, dan aman. 

Gilbert juga menambahkan, bahwa suka atau tidak suka hal ini akan tetap ada dan akan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, ajari anak-anak tentang kejujuran dan konsekuensi serta bagaimana menggunakannya secara bertanggung jawab. (Parents/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat