visitaaponce.com

LBH Padang Laporkan Kasus Dugaan Penganiayaan Anak hingga Tewas

LBH Padang Laporkan Kasus Dugaan Penganiayaan Anak hingga Tewas
Ilustrasi.(Freepik)

KASUS penganiayaan yang diduga dilakukan oleh polisi dari Sabhara Polda Sumbar menyebabkan AM, pelajar, 13, tewas. Kasus ini diadukan LBH Padang ke Komnas HAM, Selasa (25/6) sore.

Usai menerima aduan, Komnas HAM menilai penanganan anak yang akan tawuran yang dilakukan oleh polisi dari Sabhara Polda Sumbar salah kaprah. Akibatnya, penanganan itu menimbulkan korban jiwa.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Sumatra Barat (Sumbar), kembali melaporkan kasus dugaan penganiayaan yang diduga dilakukan sejumlah polisi dari Sabhara Polda Sumbar kepada AM hingga meninggal dunia.

Baca juga : Satgas TPPO Polda Sumbar Telusuri Informasi Perdagangan Puluhan Anak di Padang

"Pelaporan itu dilakukan agar Komnas HAM mempercepat penanganan kasus tersebut untuk mendesak Polda Sumbar mengusut tuntas kasus penganiayaan berat tersebut," tutur Diki Rafiqi, Koordinator Divisi Advokasi LBH Padang.

Usai menerima aduan dari LBH Padang, Ketua Komisioner Pengaduan Komnas HAM Hari Kurniawan menduga ada pelanggaran HAM yang dilakukan polisi Sabhara Sumbar dalam kasus penanganan anak yang akan tawuran tersebut. "Ada dugaan penyiksaan yang dialami oleh delapan orang itu. Ada yang disetrum, menurut keterangan tadi ya, ada yang disundut rokok sampai lima kali di punggungnya, ada yang ditendang, dan sebagainya."

Komnas HAM juga berjanji akan terus mengawal kasus ini dan berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk menjamin kemanan para saksi dan korban dari dugaan intimidasi dan ancaman dari orang yang tidak bertanggung jawab. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat