visitaaponce.com

Anak yang Alami Biduran Boleh Mandi Simak Penjelasannya

Anak yang Alami Biduran Boleh Mandi? Simak Penjelasannya
Masalah kulit pada anak.(Unsplash/ Janko Ferlic)

BIDURAN atau urtikaria bisa disebabkan oleh sejumlah faktor pemicu seperti debu, cuaca terlalu dingin atau panas, dan lainnya. 

Biduran merupakan reaksi tubuh kita terhadap alergen. Jadi ketika ada alergen (bahan yang bisa membuat alergi), tubuh kita bereaksi dengan mengeluarkan histamin.

 

Baca juga : Jalani Pengobatan Eksim, Jangan Fobia Steroid

"Histamin ini akan melebarkan pembuluh darah sehingga cairan darahnya bisa rembes ke jaringan kulit, jadi deh tuh bentol-bentol ataupun pulau pulau kemerahan yang gatal dan hangat," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Arthur S., SpDVE, FINSDV, di Instagram @doktetkulitkucom.

 

"Pulau-pulau pada biduran terjadi karena ada pelebaran dari pembuluh darah sehingga darahnya bisa rembes keluar dan akhirnya menjadi pulau," lanjutnya.

Baca juga : Apakah Berendam di Kolam Renang Dihitung Sebagai Mandi?

 

Lalu, apakah anak boleh mandi ketika mengalami biduran?

 

Baca juga : Ajarkan Anak Cara Tidur Berkualitas, Ada Tiga Tahapan

Secara umum, orang-orang yang mengalami biduran boleh mandi, asal tidak mandi menggunakan air panas atau air hangat. "Jadi kalau lagi biduran yang gak boleh itu adalah mandi air panas atau anget," paparnya.

 

"Kalau mandi air dingin pun bisa membantu karena bisa membantu menciutkan pembuluh darah yang akan dipelebar dan juga membantu mengurangi rasa gatal," sambungnya.

Baca juga : 20 Pertanyaan Trivia untuk Tambah Wawasan Anak di Waktu Liburan

 

Lebih lanjut, dr. Arthur memperingatkan apabila kamu khawatir atau curiga biduran yang kamu alami terjadi karena faktor cuaca atau udara yang dingin, sebaiknya kamu tidak mandi dengan air dingin.

 

"Pakai yangg dingin-dingin tentunya jangan dilakukan kalau kamu curiga biduran mu adalah karena dingin," pungkasnya. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat