visitaaponce.com

Apple Gandeng OpenAI ChatGPT untuk Meningkatkan Siri dan Sistem Operasi

Apple Gandeng OpenAI ChatGPT untuk Meningkatkan Siri dan Sistem Operasi
Apple mengumumkan integrasi ChatGPT dari OpenAI ke dalam asisten suara Siri dan sistem operasinya pada acara pengembang tahunan. (Apple)

APPLE akan meningkatkan asisten suara Siri dan sistem operasinya dengan ChatGPT milik OpenAI saat mencoba untuk mengejar ketertinggalan dalam perlombaan kecerdasan buatan (AI). 

Pembuat iPhone mengumumkan pembaruan Siri, bersamaan dengan sejumlah fitur baru lainnya dalam acara pengembang tahunannya, Senin. 

Ini adalah bagian dari sistem AI personal baru - yang disebut "Apple Intelligence" - yang bertujuan untuk menawarkan pengguna cara yang lebih mudah untuk menavigasi perangkat Apple. 

Baca juga : Scarlett Johansson Marah Voice Over ChatGPT Dibuat Mirip Suaranya

Pembaruan pada sistem operasi iPhone dan Mac akan memungkinkan akses ke ChatGPT melalui kemitraan dengan pengembang OpenAI. ChatGPT juga dapat digunakan untuk meningkatkan alat lainnya, termasuk pembuatan teks dan konten. Versi uji coba akan tersedia pada musim gugur. 

Tim Cook, CEO Apple, mengatakan langkah ini akan membawa produk perusahaannya "ke tingkat yang baru" saat ia membuka Konferensi Pengembang Worldwide di markas besar raksasa teknologi itu di Cupertino, California. 

Pengumuman ini tidak disambut baik oleh semua pihak. Elon Musk, pemilik Tesla dan Twitter/X, mengancam akan melarang iPhone dari perusahaannya karena "keamanan data". 

Baca juga : Apple Pakai AI Baidu untuk iOS 18 di Tiongkok karena Batasan Aturan

"Apple tidak memiliki petunjuk tentang apa yang sebenarnya terjadi setelah mereka memberikan data Anda kepada OpenAI," kata Mr Musk di X. 

"Mereka menjual Anda ke sungai." 

Apple telah menghadapi tekanan untuk memperkenalkan fitur-fitur AI baru ke produknya setelah cepatnya kenaikan rival yang telah mengadopsi teknologi tersebut. 

Baca juga : Akankah AI Selamatkan Manusia? Festival Teknologi AS Menjawab

Setelah digeser Microsoft sebagai perusahaan terbesar di dunia pada bulan Januari, Apple kembali dilampaui Nvidia pada awal Juni. 

Ben Wood, analis utama di CCS Insight, mengatakan bahwa sementara sistem AI pribadi baru Apple "seharusnya membantu menenangkan investor yang gugup", integrasi ChatGPT-nya mungkin akan mengungkapkan dan menciptakan masalah yang lebih dalam bagi perusahaan tersebut. 

"Mungkin ini membuat Apple mengakui keterbatasannya karena ChatGPT akan mulai beraksi pada saat Siri tidak lagi bisa membantu pengguna," katanya kepada BBC. 

Baca juga : OpenAI Tolak Tuduhan Pengkhianatan Misi Awal oleh Elon Musk

Apple telah hampir tidak hadir dalam banjir produk AI yang dirilis oleh perusahaan teknologi dalam beberapa bulan terakhir. Mr Cook memberi tahu para investor pada  2023 bahwa perusahaan akan mendekati teknologi tersebut dengan hati-hati. Pada hari Senin, rencana-rencana tersebut akhirnya diumumkan. 

Apple Intelligence

"Apple Intelligence" bukanlah produk atau aplikasi yang mandiri. Ini akan menjadi bagian dari setiap aplikasi dan produk Apple yang digunakan pelanggan, tetapi Anda tidak perlu membayar ekstra untuk mengaktifkannya. 

Siri, asisten suara yang dibeli Apple tahun 2010, telah diperbarui dengan antarmuka baru dan pendekatan yang lebih ramah untuk membantu pengguna menavigasi perangkat dan aplikasi mereka dengan lebih lancar. 

Apple sangat menekankan keamanan Apple Intelligence selama keynote hari Senin. 

Beberapa pemrosesan akan dilakukan di perangkat itu sendiri, sementara tindakan yang lebih besar yang membutuhkan lebih banyak daya akan dikirimkan ke cloud - tetapi tidak ada data yang akan disimpan di sana, katanya. Ini penting bagi pelanggan yang membayar harga premium atas janji privasi Apple. 

Sistem ini "menempatkan model generatif yang kuat tepat di inti iPhone, iPad, dan Mac Anda," kata wakil presiden senior teknik perangkat lunak Apple Craig Federighi. 

"Ini menggunakan konteks pribadi Anda untuk memberi Anda kecerdasan yang paling membantu dan relevan untuk Anda, dan melindungi privasi Anda setiap langkahnya." 

Apa arti kesepakatan OpenAI dan Apple?

Keputusan Apple untuk mengintegrasikan teknologi ChatGPT OpenAI telah diantisipasi secara luas, tetapi ini merupakan langkah yang tidak biasa bagi perusahaan yang sangat menjaga produknya.

Google dan Microsoft baru-baru ini menghadapi pengawasan ketat atas kesalahan yang dibuat oleh produk AI mereka dalam beberapa bulan terakhir, dan raksasa pencarian tersebut meluncurkan kembali fitur baru pada bulan Mei setelah jawaban yang salah menjadi viral.

Selama bertahun-tahun Apple juga menolak mengizinkan pelanggannya mengunduh aplikasi apa pun di luar App Store dengan alasan aplikasi tersebut mungkin tidak aman, dan tidak mengizinkan browser web apa pun selain Safari miliknya karena alasan yang sama.

Hal ini hanya berubah jika dipaksa oleh undang-undang UE.

Apakah ini merupakan tanda pengakuan bahwa Apple saat ini tidak mampu bersaing dengan ChatGPT?

Jika ya, hal ini memberi tahu kita banyak hal tentang kekuatan super raksasa AI OpenAI saat ini.

Perusahaan tersebut mengatakan akan mengintegrasikan produk lain di masa depan, namun tidak menyebutkan nama apa pun.

Apple mengumumkan bahwa headset realitas campurannya, Vision Pro, akan mulai dijual di Inggris pada 12 Juli. Ini telah tersedia di AS sejak Februari.

Fitur baru lainnya yang diumumkan

  1. mengirim teks melalui satelit
  2. menjadwalkan pesan untuk dikirim di lain waktu
  3. menggunakan gerakan kepala (mengangguk jika ya atau menggelengkan kepala jika tidak) untuk mengontrol AirPods Pro
  4. aplikasi khusus untuk kata sandi yang dapat diakses di seluruh perangkat
  5. kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu atau menguncinya di balik ID Wajah atau kode sandi.

(BBC/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat