visitaaponce.com

Elon Musk Ancam tidak Gunakan Perangkat Apple di Perusahaannya

Elon Musk Ancam tidak Gunakan Perangkat Apple di Perusahaannya
Elon Musk.(AFP/APU GOMES)

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk mengancam akan melarang penggunaan perangkat Apple di perusahaannya. Hal tersebut dipicu karena Apple mengumumkan kemitraan dengan pemilik ChatGPT, OpenAI.

Berdasarkan cuitannya di X, Musk menyampaikan kekhawatirannya tentang apakah Apple dan OpenAI akan melindungi informasi pengguna. Ia mengatakan perangkat lunak alias software antara Apple dan OpenAI berpotensi melanggar keamanan privasi pengguna.

"Jika Apple mengintegrasikan OpenAI di tingkat OS, maka perangkat Apple akan dilarang di perusahaan saya. Itu adalah pelanggaran keamanan yang tidak dapat diterima. Dan pengunjung harus memeriksa perangkat Apple mereka di pintu masuk di mana perangkat tersebut akan disimpan di sangkar Faraday," cuit Musk di X, Senin (10/6).

Baca juga : Apple Gandeng OpenAI ChatGPT untuk Meningkatkan Siri dan Sistem Operasi

Musk merasa tidak masuk akal Apple tidak bisa membuat AI mereka sendiri dan bermitra dengan OpenAI. Ia mengaku khawatir bagaimana mampu memastikan bahwa OpenAI akan melindungi keamanan dan privasi pengguna Apple.

"Apple tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi setelah mereka menyerahkan data Anda ke OpenAI. Mereka menjual Anda," katanya.

Sebelumnya, Apple menghadirkan ChatGPT, pengalaman chatbot bertenaga AI dari OpenAI, ke Siri dan aplikasi serta kemampuan pihak pertama lainnya di seluruh sistem operasinya. Raksasa teknologi ini mengumumkan berita tersebut dalam sebuah pidato utama di WWDC 2024 di Cupertino pada hari Senin.

Baca juga : Ekspansi di Asia, OpenAI Buka Kantor di Jepang

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Apple untuk menghadirkan ChatGPT kepada para pengguna mereka dengan cara yang baru," kata CEO OpenAI, Sam Altman, dalam sebuah pernyataan. "Apple memiliki komitmen yang sama dengan kami dalam hal keamanan dan inovasi, dan kemitraan ini selaras dengan misi OpenAI untuk membuat AI yang canggih dapat diakses oleh semua orang."

Sebentar lagi, Siri akan dapat memanfaatkan ChatGPT untuk mendapatkan "keahlian" yang mungkin berguna, kata Apple. Misalnya, jika Anda membutuhkan ide menu untuk membuat makanan untuk teman menggunakan beberapa bahan dari kebun Anda, Anda dapat bertanya kepada Siri, dan Siri akan secara otomatis memberikan info tersebut kepada ChatGPT untuk mendapatkan jawaban setelah Anda memberikan izin untuk melakukannya.

Anda bisa menyertakan foto dengan pertanyaan yang Anda ajukan ke ChatGPT melalui Siri, atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan dokumen atau PDF Anda. Apple juga mengintegrasikan ChatGPT ke dalam alat di seluruh sistem seperti Writing Tools, yang memungkinkan Anda untuk membuat konten dengan ChatGPT, termasuk gambar atau mengajukan ide awal dan mengirimkannya ke ChatGPT untuk mendapatkan revisi atau variasi.

Integrasi ChatGPT akan hadir di iOS 18, iPadOS 18 dan macOS Sequoia akhir tahun ini dan akan gratis tanpa perlu membuat akun ChatGPT atau OpenAI. Awalnya, mereka akan didukung oleh GPT-4o, model AI generatif unggulan OpenAI yang baru-baru ini diperkenalkan.

Pelanggan salah satu paket premium ChatGPT OpenAI akan dapat mengakses fitur berbayar dalam Siri dan aplikasi Apple lainnya dengan integrasi ChatGPT. Apple mengatakan bahwa perlindungan privasi "sudah ada di dalam" integrasi tersebut, khususnya, permintaan tidak disimpan oleh OpenAI dan alamat IP pengguna dikaburkan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat