visitaaponce.com

Scarlett Johansson Marah Voice Over ChatGPT Dibuat Mirip Suaranya

Scarlett Johansson Marah Voice Over ChatGPT Dibuat Mirip Suaranya
Aktris Scarlett Johansson.(Dok. AFP)

AKTRIS Scarlett Johansson mengaku terkejut, marah, dan tidak percaya CEO OpenAI Sam Altman menggunakan suara sintetis untuk ChatGPT yang sangat mirip dengan suaranya.

Dilansir dari CNN, Johansson mengatakan Altman menawarkan pekerjaan pada bulan September lalu untuk menyuarakan sistem ChatGPT 4.0. Dia mengatakan dia menolak tawaran tersebut karena alasan pribadi.

"Dua hari sebelum demo ChatGPT 4.0 dirilis, Altman menghubungi agen saya, meminta saya untuk mempertimbangkannya kembali. Sebelum kami bisa terhubung, sistemnya sudah ada di luar sana," kata Johansson.

Baca juga : Scarlett Johansson Mengkritik OpenAI atas Penggunaan Suara Sintetis Mirip Miliknya 

Johansson mengatakan ia menyewa penasihat hukum, dan mengatakan bahwa OpenAI tidak setuju untuk menghapus suara "Sky" setelah pengacaranya mengirim dua surat kepada Altman.

"Di saat kita semua bergulat dengan pemalsuan dan perlindungan terhadap kemiripan kita sendiri, karya kita sendiri, identitas kita sendiri, saya yakin ini adalah pertanyaan yang layak mendapatkan kejelasan mutlak. Saya menantikan resolusi dalam bentuk transparansi dan pengesahan undang-undang yang tepat untuk membantu memastikan bahwa hak-hak individu dilindungi," tulis Johansson.

OpenAI menyebut suara yang dimaksud bukan berasal dari Johansson, melainkan milik aktris profesional yang berbeda yang menggunakan suara alamiahnya sendiri.

Baca juga : Akankah AI Selamatkan Manusia? Festival Teknologi AS Menjawab

"Suara Sky bukanlah suara Scarlett Johansson, dan tidak pernah dimaksudkan untuk menyerupai suaranya," kata Altman. "Kami meng-casting pengisi suara di belakang suara Sky sebelum melakukan penjangkauan ke Nona Johansson. Untuk menghormati Nona Johansson, kami telah menghentikan penggunaan suara Sky dalam produk kami. Kami meminta maaf kepada Nona Johansson karena kami tidak dapat berkomunikasi dengan lebih baik."

OpenAI mengatakan dengan setiap suara AI-nya, mereka mencoba menciptakan suara yang mudah didekati, alami dan mudah didengarkan. Mode suara ChatGPT yang menggunakan suara Sky belum dirilis secara luas, tetapi video dari pengumuman produk dan teaser dari karyawan OpenAI yang berbicara dengannya menjadi viral di dunia maya minggu lalu.

Penarikan Kembali

Sementara itu, OpenAI mengatakan mereka menghentikan pembaruan suara ChatGPT setelah membandingkannya dengan asisten suara fiksi yang digambarkan dalam film quasi-dystopian "Her" oleh Johansson.

Baca juga : OpenAI Tolak Tuduhan Pengkhianatan Misi Awal oleh Elon Musk

Penarikan yang dilakukan OpenAI mengikuti reaksi terhadap suara buatan, yang dikenal sebagai Sky, yang oleh para kritikus digambarkan terlalu akrab dengan pengguna dan terdengar seolah-olah muncul dari fantasi pengembang pria. Suara ini secara luas diejek karena nadanya yang genit.

"Kami telah mendengar pertanyaan tentang bagaimana kami memilih suara-suara di ChatGPT, terutama Sky," kata OpenAI dalam sebuah posting di X. "Kami sedang berusaha untuk menghentikan sementara penggunaan Sky sementara kami mengatasi masalah ini."

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat