visitaaponce.com

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Diprediksi Stabil usai Penaikan Suku Bunga Acuan

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Diprediksi Stabil usai Penaikan Suku Bunga Acuan
Ilustrasi(MI/Adam Dwi)

Ekonom Mirae Asset Sekuritas Rully Arya Wisnubroto memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (25/4) akan bergerak stabil. itu terjadi seiring respons positif pasar terhadap penaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate.

Pada awal perdagangan Kamis pagi, rupiah dibuka melemah 60 poin atau 0,37% menjadi Rp16.215 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.155 per dolar AS. Namun, ia memprediksi mata uang nasional akan kembali menguat.

"Rupiah untuk hari ini saya perkirakan akan cenderung bergerak stabil di kisaran Rp16.105 sampai dengan Rp16.175," kata Rully di Jakarta, Kamis.

Baca juga : Rupiah Sukses Gilas Dolar AS di Angka Rp15.623

Melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 23-24 April 2024, BI memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI-Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,25%. Langkah Hal itu dilakukan guna memperkuat stabilitas nilai tukar dan mencegah pertumbuhan ekonomi dari dampak rambatan risiko global.

BI juga meningkatkan suku bunga deposit facility sebesar 25 basis poin menjadi 5,5%, dan suku bunga lending facility sebesar 25 basis poin menjadi 7%.<

"Pasar merespons positif langkah forward looking BI yang menaikkan suku bunga untuk mengantisipasi pelemahan rupah lebih lanjut," ujar Rully.

Sementara dari global, pasar masih menunggu rilis data inflasi Indeks Harga Belanja
Personal (PCE) inti Amerika Serikat. Ia memperkirakan inflasi PCE inti AS akan berada di sekitar 2,8%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat