visitaaponce.com

Pemerintah Kota Taipei Gandeng 11 Perusahaan Terkemuka Taipei pada Taiwan Expo 2024 di Indonesia

Pemerintah Kota Taipei Gandeng 11 Perusahaan Terkemuka Taipei pada Taiwan Expo 2024 di Indonesia
Taiwan Expo 2024 di Indonesia akan diselenggarakan pada 16-18 Mei 2024 di Jakarta Covention Center (JCC)(Dok.Pemerintah Kota Taipei )

SETELAH sukses menggelar acara Taiwan Expo 2023 di Thailand, Malaysia, dan India, Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei akan menggandeng perusahaan terkemuka di Taipei untuk memperluas jangkauan pasar mereka di ASEAN. Taiwan Expo 2024 di Indonesia akan diselenggarakan pada 16-18 Mei 2024 di Jakarta Covention Center (JCC). Dua belas perusahaan terkemuka yang berpusat di Taipei akan berpartisipasi pada acara ini, memamerkan kekuatan Kota Taipei dalam bidang energi hijau, ekonomi sirkular, dan teknologi lingkungan.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN, Indonesia menghadirkan peluang baru bagi bisnis Taiwan melalui bonus demografi yang signifikan, kelas menengah yang berkembang pesat, inisiatif Industri 4.0 yang didorong oleh pemerintah, dan rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) pada tahun 2024. Menurut Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Taiwan menginvestasikan total $137 juta USD di Indonesia pada tiga kuartal pertama tahun 2023, berkontribusi terhadap akumulasi investasi yang mencapai hampir $5,2 miliar USD sejak tahun 1990, dan menjadikan Indonesia sebagai mitra dagang terbesar ke-14 bagi Taiwan. Selain itu, pemerintah Indonesia secara aktif mempromosikan kebijakan pengurangan karbon dan mewajibkan ibu kota baru (IKN) menggunakan 100% energi bersih dan terbarukan. Kebijakan perdagangan yang ditargetkan mendorong bisnis untuk mengadopsi teknologi hijau, mendorong investasi dan inovasi dalam industri hijau, serta meningkatkan daya saing perusahaan yang menerapkan praktik berkelanjutan.

Agar lebih selaras dengan dinamika pasar di Indonesia, Kota Taipei mendirikan Paviliun unggulan pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia, yang bertema "Smart Taipei, Green Innovation". Terdiri dari dua area pameran utama, yaitu "Smart Management" dan "Sustainable Solution", Paviliun ini menampilkan 11 perusahaan bermutu dari Kota Taipei dan menonjolkan citra proaktif kota ini di bidang teknologi pintar dan perlindungan lingkungan. Selain itu, kegiatan "Taipei Green Salon" akan diselenggarakan setiap harinya selama periode pameran, yang meliputi pengenalan Kota Taipei, peluncuran produk dari perusahaan yang berpartisipasi, untuk menarik perhatian calon pembeli lokal yang berpotensi, dan menyediakan peluang bisnis yang lebih beragam. Dalam kesempatan ini juga akan diselenggarakan kegiatan business matching secara one-on-one yang memungkinkan perusahaan-perusahaan di Kota Taipei untuk terlibat secara langsung dengan calon pembeli lokal yang berpotensi dan memfasilitasi ekspansi mereka ke pasar Indonesia.

Baca juga : Langkah Awal Pertanian Perkotaan di Ibu Kota Nusantara 

Beberapa perusahaan terkemuka di Taipei yang berpartisipasi dalam pameran ini, seperti TECO Electric & Machinery Co. Ltd., memiliki produk motor magnet permanen yang inovatif telah menetapkan standar baru untuk efisiensi energi dengan kinerja yang unggul dan konsumsi energi minimal. Hal ini menandai langkah maju yang signifikan dalam pengembangan solusi industri ramah lingkungan. Produksi bahan

limbah yang sepenuhnya ramah lingkungan oleh Perusahaan Taiwan, Synmosa, menunjukkan komitmen mereka terhadap lingkungan bebas polusi dengan mengubah limbah pertanian dan cangkang (shell waste) menjadi sumber daya yang bernilai.

Selain itu, solusi pemantauan energi eKoEN dari perusahaan Seasonic yang memberikan kontrol konsumsi energi yang akurat, menawarkan wawasan waktu nyata (real-time) untuk membantu mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi limbah. Solusi ini mencerminkan dedikasi Seasonic terhadap manajemen energi yang cerdas dan berkelanjutan.

Direktur Departemen Pemasaran TAITRA, Chang Shiao Chien, menyatakan bahwa, “Melalui Paviliun Kota Taipei pada acara Taiwan Expo 2024 di Indonesia, Departemen Pengembangan Ekonomi Pemerintah Kota Taipei mempunyai tujuan untuk mempererat kerja sama antara TAIPEI dan ASEAN, memperluas perspektif internasional perusahaan-perusahaan yang berbasis di Taipei, dan meningkatkan citra serta pengaruh kota Taipei di kawasan ini.” Sampai saat ini, "Rencana Promosi Ekonomi dan Perdagangan Taipei" telah melayani lebih dari 500 perusahaan yang berpusat di Taipei, mempertemukan mereka dengan ribuan pembeli domestik dan internasional, serta menghasilkan peluang bisnis lebih dari NT$7 miliar. Untuk tahun ini, skala rencana promosi akan terus diperluas, guna memperkuat kehadirannya di pasar Asia Tenggara, sekaligus memperluas jangkauan ke pasar negara maju seperti Jepang, sehingga menciptakan beragam peluang bagi perusahaan-perusahaan Taipei untuk memperluas jangkauannya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat