visitaaponce.com

Ini Cara Hindari Investasi Bodong ala OJK

Ini Cara Hindari Investasi Bodong ala OJK
Ilustrasi: praktisi dan inspirator investasi Ryan Filbert menjawab pertanyaan Hotman Paris saat acara Hot Room(MI/Vicky Gustiawan)

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah tertipu dan tergiur dengan tawaran investasi yang menawarkan keuntungan fantastis yang bisa berujung investasi bodong. Hal itu menanggapi pemberitaan terkait dugaan hilangnya dana nasabah pada Bank BTN.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan bahwa pihaknya tengah meneliti kasus tersebut. OJK telah memanggil 17 konsumen terkait untuk dimintai keterangan mengenai hilangnya dana nasabah.

"Bank wajib bertanggung jawab jika terbukti terdapat kesalahan di pihak bank dan OJK dapat mengenakan sanksi. Namun jika kesalahan ada kelalaian ada pada pihak Konsumen, maka dana yang diklaim hilang tidak dilakukan penggantian oleh pihak Bank," ujarnya, Kamis (16/5).

Untuk itu, OJK mengingatkan agar masyarakat menghindari investasi bodong. Berikut tips menghindari investasi bodong:

  1. Jangan mudah tergiur janji untung fantastis Semakin besar keuntungan yang dijanjikan, semakin besar potensi penipuan. Agar simpananmu dijamin LPS, pastikan bunga tidak melebihi tingkat bunga penjaminan LPS.
  2. Cek legalitas penawaran investasi. Hubungi atau datangi lembaga jasa keuangan tersebut apakah benar memiliki produk investasi yang ditawarkan. Cek ke Kontak OJK 157 untuk legalitas lembaga jasa keuangan yang berizin OJK.
  3. Simpan dokumen kepemilikan dan bukti transaksi. Simpan dengan baik dokumen kepemilikan investasi dan semua bukti transaksi agar tidak disalahgunakan. Simpanan bank wajib tercatat pada pembukuan bank.
  4. Jangan mudah percaya dengan oknum yang menawarkan titip investasi atau titip transfer. (Van/Z-7)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat