visitaaponce.com

Tangkal Minyak Goreng Langka, PTPN Tambah Distributor

Tangkal Minyak Goreng Langka, PTPN Tambah Distributor
Suasana operasi pasar minyak goreng di Kantor Direksi PTPN 4 di Kota Medan, Selasa (15/2/2022).(MI/Yoseph Pencawan)

KELANGKAAN minyak goreng terjadi pada akhir 2022. Untuk itu, sejak pertengahan 2022 hingga saat ini, PTPN Group meningkatkan jumlah distributornya dari 14 menjadi 128, sehingga mampu memperluas jangkauan distribusi produknya ke seluruh Indonesia. Minyak goreng sawit Nusakita masuk jaringan ritel nasional Alfamart. Ini menjadikannya produk BUMN pertama yang berhasil masuk ke jaringan modern trade nasional. 

"Kami berkomitmen terus menjaga kualitas produk retailnya melaui brand nusakita dengan tagline Dari Bumi Sendiri. Produk retail ditanam dan dirawat oleh pegawai dengan baik, diolah oleh tenaga profesional, hingga siap dikonsumsi oleh masyarakat. Seluruh produk retail kami 100% produk dalam negeri yang berkualitas," papar Heru Prabowo, Kepala Divisi Pemasaran PTPN Group, dalam pernyataannya, Kamis (16/5).

Hal itu merupakan salah satu inovasi pemasaran yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir yang dilakukan BUMN holding perkebunan. Pertama, strategi sales and operation planning (S&OP) untuk memastikan produksi sesuai dengan tren permintaan pasar. Dengan menerapkannya, perusahaan mampu merencanakan produksi secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat waktu dan jumlah yang sesuai.

Baca juga : Gandeng Telkomsel, PT GBS Akselerasi Digitalisasi Perkebunan Melalui Internet 4G

"Kedua, penerapan just-in-time strategy untuk mendukung kesehatan inventori," lanjut Heru. Strategi ini memungkinkan PTPN Group mengelola persediaan dengan lebih baik, mengurangi biaya  penyimpanan, dan meminimalkan risiko kelebihan atau kekurangan stok.

Ketiga, pengembangan industri hilir untuk memastikan ketahanan pangan nasional. BUMN fokus pada produksi minyak kelapa sawit dan gula, dua komoditas yang menjadi bagian dari kebutuhan pokok. Selain itu, PTPN juga memiliki produk hilir teh, kopi, dan beberapa produk lain. 

Atas strategi pemasaran itu, PTPN meraih penghargaan sebagai The Most Promising Company in Strategic Marketing pada ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards (BEMA) 2024 pada Rabu malam (15/5). Ini juga apresiasi terhadap komitmennya dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Heru menegaskan pihaknya focus untuk tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui ekspektasi konsumen melalui kualitas, keandalan, dan berkelanjutan. Harapannya, perusahaan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan ekonomi nasional. (Z-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat